free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Metode Untuk Mengetahui Masa Subur

Metode untuk menghitung masa subur pada wanita dapat dilakukan dengan beberapa cara. Alasan mengetahui masa subur wanita ini memang erat kaitannya dengan kehamilan. Jika mengingkan kehamilan maka perlu diketahui masa subur seorang wanita agar, pada saat terjadi pertemuan sperma dan sel telur akan menghasilkan pembuahan sehingga terjadi kehamilan, begitu juga sebaliknya. Jika tidak menginginkan kehamilan maka harus menghindari masa subur.

Untuk mengetahui masa subur tersebut dapat dilakukan melalui beberapa cara, berikut penjelasan lengkapnya :

1.    Melalui Sistem Kalender
Metode penghitungan masa subur ini merupakan cara yang paling sederhana, walaupun efektivitasnya tergolong rendah, yaitu hanya sekitar 60% s.d 70 %. Hal ini dikarenakan harus dihitung secara manual, maka diperlukan kecermatan dan ketelitian.

2.    Melalui Media Air Liur
Dengan menggunakan metode ini maka dibutuhkan alat berupa mikroskop mini dengan bentuk menyerupai lipstik. Caranya pun mudah hanya dengan menempatkan air liur di gelas teropong. Kemudian diamkan selama 5 menit, maka kemudian nyalakan lampunya dan putar-putar pengatur lensa ke kiri dan kanan sesuai dengan kebutuhan untuk mendapat tampilan terbaik. Dengan gambar-gambar yang terlihat maka akan berbeda sesuai masa subur dan tidaknya. Kelebihan menggunakan metode ini yakni nyaris tanpa efek samping.

3.    Melalui Pengukuran Suhu Basal
Melalui metode ini Anda bisa mengetahui masa subur dengan bermodalkan termometer,  yang mana disarankan dipasang di satu tempat secara tetap atau ajek. Yakni dengan cara di bawah lidah atau dimasukkan ke dalam dubur karena pengukuran di ketiak berpeluang terjadi penyimpangan. Melalui metode ini akurasinya mencapai 80 persen asalkan pengukuran dilakukan secara teratur pada jam tertentu setiap hari sejak menstruasi bersih. Yang tepatnya setiap bangun tidur kira-kira jam 6 pagi sebelum turun dari ranjang dan lakukan pengukuran sambil berbaring selama 5 menit.

Metode ini yakni memantau hasil pencatatan, jila memperlihatkan grafik mendatar, maka ini berarti wanita tersebut sedang berada dalam masa tidak subur. Akan tetapi jika suatu waktu, grafiknya mendadak meloncat tajam. Maka wanita tersebut sedang dalam masa subur. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan hormon estrogen yang pada dasarnya bersifat termokinetik atau meningkatkan suhu tubuh.

4.    Melalui Lendir Kesuburan
Sistem lendir kesuburan sendiri ditemukan oleh pasangan dokter John dan Evelyn Billings dari Australia. Melalui lendir kesuburan yang dihasilkan oleh kelenjar leher rahim wanita bersamaan dengan proses pematangan sel telur dalam indung telur. Maka dengan persamaan waktu tersebut sangat berkaitan dengan fungsi kelenjar hipofisis dan hipotalamus. Selain itu fungsi lendir kesuburan sendiri yakni untuk mengubah kadar keasaman dalam vagina. Jadi jika tidak terdapat lendir kesuburan, maka cairan dalam vagina bersifat asam hingga sperma hanya bertahan hidup selama beberapa jam saja. Sedangkan jika adanya lendir kesuburan, maka keasaman vagina jauh berkurang hingga sperma bisa bertahan hidup di sini selama 3 hari. Melalui metode ini sulit diketahui oleh orang awam dengan menggunkan mata telanjang. Harus diketahui juga bahwa kehadiran lendir kesuburan hanya bersifat sementara dan bukan sepanjang siklus haid, dalam hal ini karena sama sekali tidak berbau dan tidak gatal.

5.    Melalui Media Air Seni
Metode ini sebenarnya hampir sama dengan penguji kehamilan. Selain itu cara penggunaanya pun cukup sederhana, dimana dalam hal ini cukup dengan meneteskan air seni. Dan setelah menunggu beberapa saat, dengan air seni dari wanita tersebut akan menunjukkan perubahan yang berarti dapat dibedakan dari saat-saat tidak subur. Melaui metode ini efektivitasnya cukup tinggi, yakni sekitar 90 % s.d 95 persen. Akan tetapi sangat disayangkan karena alat jenis ini hanya dimungkinkan untuk sekali pakai.

Nah, itulah beberapa metode untuk mengetahui masa subur. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply