free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Minuman Menyegarkan Ibu Hamil

Minum merupakan salah satu kebutuhan utama mahluk hidup, begitu juga pada masa kehamilan, walaupun minum lebih terkesan sepele dari pada makanan dan juga nutrisi ibu hamil. Ternyata pada masa kehamilan ibu memang tidak boleh minum minuman sembarangan. Karena pada masa kehamilan bukan hanya akan membahayakan diri Anda tetapi juga janin di dalam kandungan.

Sebenarnya pada masa kehamilan, apapun yang masuk ke dalam lambung ibu maka akan diserap ke dalam aliran darah dan dikirim ke seluruh tubuh, dan termasuk juga plasenta yang bertugas mengirimkan makanan ke janin. Jadi jika Anda minum air, maka bayi juga akan ikut minum, sehingga jika Anda minum sesuatu yang manis, maka secara otomatis kadar gula darah si kecil pun akan ikut-ikutan naik.

Saat hamil, ibu memang harus cermat dalam memilih minuman apa saja yang harus di minumnya, dan di bawah ini adala minuman menyegarkan dan aman bagi ibu hamil. Berikut penjelasan lengkapnya :

1.    Air putih.
Air putih yang di konsumsi oleh ibu hamil, selain meyegarkan dan menghilangkan rasa haus ternyata sangat baik untuk kesehatan kehamilannya. Dimana air putih dapat memperlancar aliran darah dan menghindari terjadinya dehidrasi. Maka dari itu ada baiknya jika ibu hamil setiap hari minum 2 liter air putih yang mana setara dengan 8 gelas.

2.     Jus Buah.
Untuk mendapatkan minuman yang lebih menyegarkan, sebaiknya ibu hamil minum satu gelas jus buah dalam sehari yang mana akan menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapat vitamin. Walaupun demikian, sebaiknya jangan mementingkan minum jus daripada air putih atau tidak mengonsumsi vitamin yang telah diberikan oleh dokter Anda. Karena, bisa saja vitamin dari jus buah tersebut tidak mencukupi kebutuhan vitamin tubuh Anda.

3.    Susu.
Susu merupakan mimunan sumber kalsium dan vitamin D terbaik untuk tubuh, apalagi jika dalam masa kehamilan yang tentu saja akan sangat berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Selama dalam masa kehamilan sebaiknya ibu hamil minum kurang lebih 2 gelas setiap harinya. Dan akan lebih baik jika memilih susu khusus untuk ibu hamil, karena susu hamil telah diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral, seperti asam folat yang dibutuhkan

4.    Sport Drink.
Sport drink merupakan minuman yang mana berfungsi untuk menggantikan zat elektrolit yang hilang ketika tubuh ibu berkeringat. Jadi, jika Anda seorang ibu hamil yang aktif, maka sport drink ini bisa jadi pilihan. Akan tetapi perlu di ingat pula, jika memang ibu hamil kurang banyak bergerak atau tidak berolahraga maka minuman ini tidak diperlukan. Dengan minum air putih saja sudah cukup. Dan harus di inga juga bahwa sport drink sama sekali bukan pengganti air putih. Dan sebelum Anda lebih banyak mengkonsumsinya sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Demikian minuman menyegarkan yang dapat di konsumsi oleh ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Semoga kehamilan Anda dapat berjalan lancar dan sehat. Selamat mencoba

Leave a Reply