free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Mitos Dan Fakta Tentang Kuku

Mungkin Anda sering mendengar mitos bahwa dengan minum suplemen dan menggosok kuku dengan bawang putih akan membuat kuku tumbuh lebih cepat? Ladies ternyata hal ini salah besar. Sebenarnya Anda tidak dapat memacu pertumbuhan kuku, karena kuku tumbuh dengan kecepatan tetap sekitar satu milimeter sebulan, seperti yang di ungkapkan dokter kulit Bruce Robinson, MD, dari Rumah Sakit Lenox Hill di New York.

“Tapi jika Anda bisa membuat kuku tidak patah dan karena itu tampak lebih panjang, di situlah beberapa faktor turut serta,” tambah dokter Bruce, nah lalu apa saja mitos dan fakta tentang kuku? Simak selengkapanya di bawah ini :

1.    Fakta : Suplemen Biotin Membuat Kuku Panjang dan Kuat

Memang anda tidak akan bisa membuat kuku Anda tumbuh lebih cepat jika Anda mengkonsumsi suplemen diet. Tetapi berdasarkan beberapa penelitian menyatakan bahwa biotin dapat memperkuat kuku yang rapuh sehingga akan membuat kemungkinan kuku lebih kecil untuk pecah atau patah. Jadi kuku akan semakin kuat dan akan menumbuhkan kuku Anda lebih panjang setelah mengkonsumsi suplemen ini secara teratur. Suplemen seperti Biotin sendiri sering dijual sendiri sebagai suplemen makanan atau sebagai kandungan bahan dalam vitamin yang dijual untuk memperbaiki tampilan kulit, rambut, dan juga kuku. Tetapi menuerut lembaga kesehatan (Institute of Medicine) belum menentukan batas aman untuk konsumsi suplemen diet ini, jadi sebaiknya Anda jangan mengkonsumsi dengan dosis yang besar dan banyak kecuali Anda berada di bawah pengawasan dokter.

2.    Mitos : Jari-Jari yang Sibuk Membuat Kuku Panjang

Beberapa mitos yang berkembang percaya bahwa seorang pianis profesional, orang yang mengetik sepanjang hari atau orang yang menghabiskan beberapa jam per hari dengan mengolahragakan jari mereka akan memiliki kecepatan tumbuh kuku yang lebih cepat dibandingkan orang lain, hal ini mungkin dikarenakan aliran darah ekstra ke ujung jari mempercepat pertumbuhan jari kuku. Berdasarkan hal tersebut belum tentu akan lebih mempercepat pertumbuhan kuku karena dengan banyaknya aktifitas yang dilakukan kemungkinan kuku akan patah atau terbentur lebih besar. Sehingga kuku lebih lama untuk panjang.

3.    Fakta : Pelembab Membantu Menjaga Panjang Kuku

Dengan selalu memberikan pelembab pada kuku Anda agar tetap lembab tidak akan membantu kuku tumbuh lebih cepat, tetapi dengan pelembab dapat menjaga kuku agar tidak cepat patah. Nah, ladies tidak ada salahnya untuk rutin memberikan pelembab pada kuku Anda

4.    Mitos : Diet Tinggi Protein Dapat Mempercepat Pertumbuhan Kuku

Karena kekurangan protein dapat menyebabkan kuku menjadi lemah dan pertumbuhan kuku akan lambat, dalam beberapa situs web banyak menyarankan untuk makan atau minum lebih banyak protein seperti shake protein khusus karena dapat membantu kuku tumbuh lebih cepat. Ladies jangan percaya hal tersebut karena minum minuman shake protein hanya untuk alasan ini saja. Dengan meningkatkan asupan protein hanyalah mitos dalam hal memperpanjang kuku. Asalkan Anda tidak mempunyai keluhan kekurangan protein, Anda akan memiliki kuku yang sama seperti orang lain.

5.    Mitos : Bawang Putih Mempercepat Pertumbuhan Kuku

Beberapa wanita percaya bahwa kuku yang panjang dan menarik karena menggunakan bawang putih. Dengan cara menggosokkan setengah bawang putih mentah pada kuku secara teratur akan membuat kuku tumbuh lebih panjang dan lebih kuat serta lebih cepat daripada teman-teman mereka yang tidak mengetahui rahasia ini. Alasan menggunakan bawang putih mungkin karena bawang putih memiliki kadar selenium tinggi, dan beberapa penelitian telah menghubungkan kadar selenium yang rendah dengan kuku lemah. Tapi perlu di ingat bahwa tidak ada penelitian yang menemukan hubungan antara penggunaan bawang putih dengan kuku yang lebih panjang.

Demikian beberapa mitos dan fakta tentang memperpanjang kuku Anda agar terlihat cantik. Semoga dengan penjelasan ini Anda akan lebih tahu mana yang harus Anda lakukan dan mana yang seharusnya tidak Anda lakukan pada kuku Anda.

Leave a Reply