free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Mitos Payudara Wanita

Sebagian orang masih merasa sungkan atau tabu jika membicarakan hal – hal yang berkaitan dengan organ – organ seksual. Termasuk organ seksual sekunder yaitu payudara. Masih banyak mitos yang berkembang di masyarakat yang belum pasti kebenarannya. Seperti mitos-mitos dibawah ini :

·    Bra yang Berkawat Memicu Kanker Payudara

Memakai bra yang berkawat memang membuat penampilan payudara menjadi naik sehingga terlihat lebih sexy dan menarik. Ketika memakai bra yang berkawat kadang terasa tidak nyaman karena adanya kawat penyangga. Tapi hal ini tidaklah benar jika akan memicu kanker payudara. Berdasarkan keterangan Dr Ted Gansler, direktur medis untuk American Cancer Society, seperti dikutip dari New York Times, pada Februari 2010 silam menyatakan bahwa  tidak ada bukti terpercaya yang dimuat dalam sejumlah jurnal ilmiah yang menunjukkan penggunaan bra mencegah keluarnya racun dengan menghalangi aliran kelenjar getah bening. Berdasarkan  hasil penelitian yang dilakukan Dr Gansler menunjukkan tidak adanya penurunan diagnosa kanker payudara di tahun 1960-an. Karena pada tahun tersebut sebagian besar kaum perempuan pergi tanpa menggunakan bra, jadi seharusnya kejadian kanker payudara menurun tapi yang terjadi tidak demikian.

·    Payudara Mmbesar Jika Tersentuh Orang Lain

Jangan percaya pada mitos yang menyesatkan, jika ada yang mengatakan payudara akan menjadi besar jika tersentuh atau di sentuh orang lain. Hal tersebut tidaklah benar. Sebenarnya ada 2 hal yang menentukan pertumbuhan dan membesarnya payudara yaitu gen serta hormon. Itulah yang menyebabkan sebagian  perempuan pertumbuhan payudaranya lebih cepat dibanding yang lain. Ukuran payudara yang sudah dimiliki dan akan berhenti pertumbuhanya ketika mencapai usia dewasa. Sehingga sulit untuk bisa bertambah atau menjadi besar secara alami kembali. Oleh sebab itulah beberapa perempuan mengambil jalan pintas dengan bantuan seperti implan ataupun operasi plastik lainnya untuk membesarkan payudara.

·    Payudara Mengendur Setelah Menyusui

Setelah menyusui bayinya, beberapa orang percaya akan membuat payudara itu sendiri menjadi kendur, hal ini belum terbukti kebenarannya, karena payudara akan berubah atau menjadi kendur sesuai dengan waktu dan usia perempuan tersebut, sekali lagi bahwa menyusui tidak akan berdampak pada kekenduran payudara. Karena sebenarnya ukuran payudara ditentukan oleh berapa banyak jaringan lemak yang dimiliki pada payudara. Sedangkan proses menyusui atau laktasi menciptakan jaringan yang lebih padat pada payudara sehingga setelah selesai menyusui jaringan lemak dan jaringan ikat payudara akan bergeser.

·    Pria Lebih Suka Payudara Besar

Hanya beberapa pria  saja yang menyukiai payudara yang besar, karena menyukai sesuatu adalah relatif, begitu juga dengan pria ketika melihat ukuran payudara seorang wanita. Dalam banyak  survei yang telah dilakukan, sejumlah pria menyebut menyukai payudara besar, sebagian  lainnya menyukai payudara kecil, dan beberapa pria lainnya juga menyukai payudara tapi tidak peduli bagaimana ukurannya.Dalam sebuah situs pria Askmen.com pernah dilakukan survei kepada lebih dari 5.000 pria terkait ukuran payudara. Dan hasilnya sebanyak 65 % dari pria tersebut mengatakan puas dengan ukuran payudara pasangannya.

·     Besar Payudara Dipengaruhi Posisi Saat Tidur

Mitos lainnya menyatakan bahwa posisi tidur mempengaruhi kepada besarnya payudara. Apabila seorang wanita sering tidur miring akan membuat payudara tidak rata, yaitu dimana satu sisi payudara menjadi jauh lebih besar dibandingkan sisi satunya lagi. Hal ini tentu saja salah, dengan posisi tidur yang berubah-ubah maka akan menjaga aliran darah ke payudara menjadi lancar.

·    Kulit Payudara Lebih Sensitif

Sebenarnya kulit pada bagian payudara sama saja seperti kulit pada bagian tubuh lainnya, sehingga tidak benar jika dikatakan kulit pada bagian payudara tersebut lebih sensitif. Bagian yang sensitif dari payudara adalah puting karena pada puting terdapat ujung-ujung syaraf. Dikarena sensitivitas kulit payudara sama dengan kulit tubuh lainnya asalkan tidak sedang alergi maka Anda bisa mengusapkan lotion atau pelembab di kulit payudara.

·    Olahraga Tanpa Memakai Bra akan Merusak Payudara

Saat perempuan yang sedang berolahraga tanpa mengenakan bra bisa merusak payudaranya. Ini adalah mitos yang keliru. Saat berolahraga tanpa bra, payudara perempuan tidak akan rusak melainkan hanya menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman. Hal ini disebabkan mengingat posisi payudara yang menggantung, jadi ketika bergerak tanpa penyangga akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Terlebih jika perempuan tersebut memiliki payudara yang besar. Dan sebaiknya kaum hawa mengenakan bra untuk juga menghindari sakit pada bagian punggung.

·    Payudara Terasa Gatal Berarti Sedang Tumbuh

Hal ini tentu hanya mitos belaka. Sebenarnya rasa  gatal bisa jadi adalah sebuah peringatan adanya penyakit. Bagian payudara tertutupi oleh kulit, folikel rambut dan kelenjar keringat, maka peluang berkeringat tentu sangat besar. Apabila sudah berkeringat maka bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri. Sehingga akan menimbulkan berbagai penyakit kulit. Kaena itulah selalu rajin untuk menjaga kesehatan dan kebersihan payudara.

·    Payudara Besar Lebih Rentan Terkena Kanker

Mitos ini belum pasti kebenarannya, karena penyakit kanker payudara bisa terjadi pada siapa saja. Kanker payudara berkaitan dengan kelenjar susu, sedangkan ukuran payudara berkaitan dengan jaringan lemak. Jadi tidak ada hubungannya ukuran dengan suatu penyakit.

Leave a Reply