free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Mitos Seputar Menstruasi

Sebagai seorang perempuan maka tidak akan lepas dari berbagai macam mitos seputar kegiatan atau keadaan perempuan, begitu juga tentang masa haid atau menstruasi yang telah beredar luas. Tetapi akan sangat disayangkan apabila Anda percaya begitu saja tanpa mengetahui kebenarannya. Nah, oleh karena itu akan dibahas mengenai mitos menstruasi dan juga kebenaran dibalik mitos tersebut. Yuk simak selengkapnya tentang berbagai mitos seputar ritual yang terjadi selama 1 kali sebulan pada kaum hawa berikut :

1.    Kehilangan Banyak Darah
Wanita yang sedang haid kadang akan merasa khawatir kehilangan banyak darah, tentu hal ini tidak sepenuhnya benar karena darah haid yang keluar ternyata lebih sedikit dari yang terlihat. Rata-rata darah haid yang keluar hanya sekitar enam sampai delapan sendok teh saja.

2.    Perempuan yang Masih Perawan Tidak Boleh Memakai Tampon
Penggunaan tampon untuk seorang gadis tidak akan membuat keperawanan hilang. Jangan percaya kepada mitos ini karena satu-satunya yang akan membuat Anda tidak perawan lagi adalah berhubungan seks.

3.    Berhubungan Seks Saat Haid Tidak Akan Hamil
Biasanya mungkin tidak akan terjadi kehamilan. Tetapi peluang untuk hamil akan selalu ada terutama bila berada di akhir siklus menstruasi. Berhubungan seks saat haid cenderung tidak aman karena dapat meningkatkan resiko terkena infeksi menular seksual dan penyakit lain

4.    Masa Saat haid Dimana Wanita Dalam Keadaan Kotor
Ini tentu saja hal ini salah ladies, jusru sebaliknya dimana masa haid adalah sebagai tanda bahwa perempuan tengah berada dalam masa pembersihan.

5.    Jangan Keramas Pada Saat Haid
Mitos ini tentu sangat memberatkan kaum hawa, dimana tingkat berkeringat perempuan di masa haid ini justru meningkat sehingga akan membuat rambut dan kulit kepala cepat berminyak. Tapi malah dilarang untuk keramas, tentu mitos ini salah. Sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesegaran kepala wanita pada saat haid agartetap segar dan sehat .

6.    Masa Haid Berlangsung Tepat Seminggu
Lamanya waktu menstruasi atau datang bulan pada setiap wanita berbeda-beda, jadi jangan khawatir jika Anda haid kurang dari 1 minggu atau bahkan lebih dari 1 minggu, rata-rata durasinya adalah 4 hingga 5 hari tetapi juga terkadang, masa ini bisa berlangsung dari 3 sampai 8 hari.

7.    Wanita Haid Dilarang Berenang
Kenapa dilarang? Mungkin Anda akan berfikiran darah akan mencemari air atau mungkin kuman dan bakteri akan ikut masuk ke organ kewanitaan saat berenang, tentu hal ini salah. Anda tetap masih bisa berenang asalkan memakai tampon, dan hal ini tidak akan menjadi masalah.

8.    Jangan Berolahraga dan Melakukan Kegiatan Berat Selama Haid
Seorang wanita yang sedang dalam masa haid, sebenarnya hanyalah menjalani fungsi normal tubuhnya dan bukan karena adanya kelainan atau penyakit. Jadi, walaupun Anda sedang haid tetap dapat melakukan kegiatan olahraga favorit Anda dan bekerja melakukan berbagai aktifitas seperti biasa. Selain itu dengan melakukan aktifitas fisik tertentu akan dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat haid.

9.    Wanita yang Haid Selalu Memiliki Mood yang Berubah-ubah
Biasanya wanita yang sedang datang bulan akan uring-uringan dan kadang bersikap tidak rasional seperti tiba-tiba marah atau lain sebagainya, tetapi pada kenyataannya, tidak semua wanita mengalami apa yang disebut dengan PMS  atau Pre-Menstrual Syndrome itu. Seperti ciri-ciri yang disebutkan di atas.

Itulah beberapa mitos tentang mentruasi yang seharusnya tidak boleh dipercaya sebelum mengetahui kebenarannya, semoga dapat bermanfaat untuk sahabat hawa dimana pun

Leave a Reply