free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

MSG Berbahaya Bagi Janin?

MSG atau monosodium glutamat merupakan suatu zat aditif yang kontroversial. Zat ini seringkali digunakan oleh banyak orang sebagai penyedap makanan. Tahukah anda bahwa zat ini sangat berpotensi menyebabkan reaksi alergi dan kepekaan pada beberapa orang. Apakah MSG berbahaya untuk ibu hamil? Sebenarnya tidak ada jawaban yang jelas mengenai keamanan monosodium glutamat ini pada wanita hamil. Akan tetapi Anda dapat mengetahui beberapa penjelasan seperti di bawah ini :

Monosodium glutamat sendiri dikenal sebagai penyedap masakan atau makanan. Dengan kemampuannya tersebut, tidak dapat dipungkiri  banyak makanan olahan terasa lebih renyah dan lezat.  Hampir bisa dipastikan, banyak makanan olahan yang dijajakan di toko ternyata mengandung MSG. terlebih lagi makanan cemilan.

Kami sangat merekomendaskan untuk setidaknya mengurangi penggunaan MSG dalam menu makanan harian anda. Sebagaimana dirilis oleh MayoClinic.com, MSG ternyata dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa individu. Reaksi yang umum terjadi bisa berupa sakit kepala, berkeringat, nyeri dada, mual, denyut jantung yang cepat dan mati rasa atau kesemutan pada wajah dan leher.

Jadi apabila Anda pernah mengalami reaksi alergi terhadap MSG sebelum Anda hamil, maka sebaiknya Anda menghindari semua makanan yang mengandung MSG tersebut selama kehamilan. Selama masa kehamilan, sebaiknya anda lebih banyak mengkonsumsi makanan segar yang kaya gizi berupa buah-buahan, sayuran segar, biji-bijian, dan juga  protein. Hal tersebut sangat krusial terutama untuk kesehatan yang optimal dan perkembangan bayi Anda. Apabila anda terlanjur mengkonsumsi makanan olahan tersebut dan menunjukan ada reaksi alergi, maka segera periksakan diri anda ke dokter.

Lebih lanjut, alangkah baiknya Anda menghindari MSG selama masa kehamilan, walaupun sebelumnya anda tidak pernah mengalami gangguan kesehatan akibat alergi terhadap zat aditif ini. Bahkan konsumsi Sodium atau sumber garam lainnya disarankan untuk dibatasi.

Pada dasarnya Glutamat merupakan bahan alami yang terbuat dari asam amino yang diperoleh dari protein. Saat protein dipecah dalam tubuh akan terbentuk glutamat yang sebetulnya tidak ada efek buruknya. Bahkan Glutamat dapat merangsang neuro-transmitter dan yang diperlukan untuk mengirimkan informasi ke dan dari otak.

Sejauh mana pengaruh MSG pada janin yang sedang berkembang memang telah lama menjadi subyek dari banyak penelitian. Bahkan menurut beberapa penelitian yang menggunakan tikus sebagai media,  menunjukkan bahwa dosis tinggi dapat melewati sawar plasenta dan menyebabkan kerusakan dalam perkembangan otak (Intern J Neurosci 23:117-126,1984.. Acta Physiologica Sinica. 46:44-51,1994). Akan tetapi penelitian ini belum direplikasi pada manusia.

MSG sendiri merupakan sebuah Excitotoxin, dimana dapat merangsang neuron sampai mereka mati. Dalam beberapa penelitian lainnya, MSG yang diperkenalkan selama bulan pertama kehamilan akan meningkatkan resiko janin menderita Autisme, serta Sindrom Asperger dan Attention Defisit Hiperaktif. Hal ini dikarenakan Monosodium Glutamat lebih merangsang otak dan batang otak selama perkembangan janin di dalam rahim.

Nah setelah Anda mengetahui informasi di atas, ada baiknya jika Anda membatasi konsumsi MSG saat ini juga.

Leave a Reply