free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Olahan Sisa Roti Tawar

Olahan Sisa Roti TawarSarapan pagi biasanya menikmati segelas susu dan juga roti. Sajian roti bisa di bakar atau di kukus terlebih dahulu. Bahan roti yang biasanya selalu di favoritkan yaitu roti tawar. Karena roti tersebut bisa di variasikan dengan berbagai bahan dan rasa lain. Roti Roti Tawar merupakan makanan yang dibuat dari tepung terigu, rasanya cenderung tawar dan berbeda dengan roti manis, hal ini di karenakan dalam proses pembuatannya tanpa dicampuri bahan lain. Ciri lain dari roti tawar yaitu bentuknya biasanya persegi walaupun kadang sudah di potong kembali menjadi bentuk lain, berwarna putih dan berwarna cokelat pada bagian tepinya. Apabila Anda mengirisnya maka tekstur pada bagian dalamnya terasa kasar.

Kini mungkin roti tawar tidak lagi hanya berwarna putih dan tawar rasanya, kita dapat  menjumpai pula  roti tawar dari bahan gandum atau roti tawar aroma pandan. Roti tawar merupakan jenis makanan yang bersifat mengenyangkan oleh karena itulah biasa disajikan sebagai menu sarapan bersama dengan bahan lain seperti diolesi margarin atau selai, di beri irisan daging, telur, dan masih banyak lagi. Karena roti praktis untuk di sajikan dan dapat di simpan dalam suhu ruang, maka tidak heran banyak para penkmatnya menyimpan stok yang banyak di rumah. Karena mungkin masih banyak stok roti di rumah tetapi tanggal kadaluarsanya akan cepat berakhir, mungkin seringkali Anda merasa bingung. Nah, sekarang Anda tidak perlu risau lagi karena sisa roti tersebut bisa dijadikan berbagai olahan yang sangat lezat. Seperti olahan roti di bawah ini :

1.    Strik Roti Tawar
Sajian Strik roti tawar ini akan nikmat jika di santap pada sore hati ditemani segelas kopi atau teh, jadi tidak ada salahnya jika Anda mengolah sisa roti tawar menjadi olahan strik roti. Caranya pun sangat mudah. Pertama potong roti tawar dengan tebal sekitar 2 cm kemudian olesi dengan mentega lalu taburkan keju parmesan di atasnya. Setelah itu panggang di oven dengan suhu 100 derajat Celsius selama 30 menit.

2.    Roti Kering
Jika Anda bosan dengan sarapan roti dengan isi selai di pagi hari. Maka bisa juga Anda menyajikan sisa olahan roti kering. Caranya pun tidak sulit, pertama potong roti tawar dengan sekitar tebal 2 cm dan olesi dengan mentega lalu taburkan gula pasir di atasnya. Kemudian tata di atas loyang lalu panggang dalam oven bersuhu 100 derajat Celsius selama 30 menit. Selain itu jangan lupa bagian roti dibolak-balik supaya kering merata.

3.    Puding Roti
Sajian puding roti ini akan menjadi sajian yang akan di sukai oleh anak-anak. Selain kandungan gizinya yang cukup komplit, puding roti ini terasa enak dan lezat. Cara membuatnya pun cukup mudah. Puding yang enak ini ini dibuat dari potongan roti tawar yang  ditambah dengan susu cair, dan gula pasir secukupnya. Kemudian tuang adonan ke dalam pinggan tahan panas. Jangan lupa beri hiasan dengan menaburkan irisan almon atau kismis. Dan panggang di dalam oven sampai matang.

4.    Pipis Roti Tawar
Olahan roti tawar selanjutnya yaitu pipis roti. Caranya dengan mengaduk rata potongan roti tawar dengan santan kental dengan tambahan gula pasir secukupnya. Selain itu bisa juga ditambahkan kelapa muda yang dikeruk atau dengan tambahan bahan lain seperti potongan pisang tanduk. Setelah itu sendokkan adonan ke daun pisang lalu semat dengan lidi. Dan kukus hingga matang. Sajikan dingin

Nah itulah beberapa olahan dari bahan roti, agar roti tawar yang tersisa tidak terbuang sia-sia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan Anda lebih selektif dalam memilih dan memvariasikan bahan makanan. Selamat mencoba

Leave a Reply