free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Pelamar Umum CPNS Tergantung Dari Perekrutan Tenaga Honorer K2

Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti perekrutan CPNS tahun 2013 ini, di dapatkan informasi bahwa untuk perekrutan CPNS 2013 bagi pelamar umum maka hasilnya akan  tergantung kepada terselesaikannya masalah tenaga honorer yang masih tertinggal. Dengan ini maka dapat disimpulkan bahwa dalam penerimaan bagi CPNS 2013 golongan pelamar umum tentu akan terhambat apabila permasalahan dalam penyelesaian masalah tenaga honorer yang tertinggal masih belum bisa teratasi sampai saat ini.

Seperti apa yang di  ungkapan Tasdik Kinanto yang merupakan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB), dimana menyatakan bahwa pada saat ini pemerintah masih menggodok sejumlah data-data tenaga honorer yang berkategori K2 yang nantinya akan segera dites pada bulan september 2013 yang akan datang. Apabila permasalahan ini masih belum dapat terselesaikan juga, maka dalam pelaksanaan seleksi tes CPNS 2013 bagi para pelamar umum sudah pasti akan terhambat pelaksanaannya.
Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB) juga menyatakan bahwa “Boleh dikata, untuk perekrutan CPNS 2013 bagi para pelamar umum akan tergantung dari tenaga honorer berkategori K2.” Seperti yang di ungkapkan Beliau pada hari Senin (10/6) di Jakarta

Apabila seleksi CPNS untuk kategori pelamar umum tergantung pada penyelesaian pegawai honorer. Sudah pasti apabila penyelesaian pegawai honorer masih tersendat, penerimaan pegawai baru  pelamar umum pun akan terhambat.

Tasdik Kinanto juga menyatakan bahwa pemerintah telah menetapkan kuota CPNS secara nasional sebanyak 169 orang. Dan sebanyak 109 itu di antaranya merupakan jatah honorer K2. Dan untuk sisanya 60 ribu untuk pelamar umum yang terbagi dimana 40 ribu instansi daerah dan 20 ribu di instansi pusat.

Selain itu Tasdik juga menyatakan “Jumlah CPNS umum sangat terkait dengan jumlah honorer yang lulus. Selain itu prosentase belanja pegawai terhadap APBD juga menentukan,” terangnya pula.

Tasdik juga mencontohkan seperti ini. Apabila kabupaten X mengusulkan tambahan pegawai sebanyak 50 orang, maka belanja pegawainya di bawah 50 % dari APBD-nya, akan tetapi apabila di dapat hasil  40 orang tenaga honorer K2 yang lulus tes CPNS. Maka secara otomatis, pelamar umum yang akan di ambil kabupaten X tersebut tinggal 10 orang saja.

“Jadi hitungannya bukan 50 orang dari pelamar umum ya. Kita sudah hitung dengan honorernya agar tidak terjadi over pegawai,” tambah Tasdik Kinanto dimana pria ini yang sehari-harinya juga merangkap jabatan Plt Deputi SDM Aparatur ini.

Nah, bagi Anda yang merupakan pelamar umum CPNS 2013 jangan berkecil hati terlebih dahulu, karena masih banyak kesempatan dan peluang untuk mengisi kursi PNS yang Anda inginkan, persiapakan dengan matang sedini mungkin kelengkapan persyaratannya dan juga persiapkan dengan mengerjakan banyak latihan soal CPNS.

Leave a Reply