free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Pemulihan Ibu Setelah Melahirkan Normal Dan Caesar

Kehamilan saja sudah merupakan suatu kebahagiaan bagi seorang wanita, apalagi ketika si kecil tiba di dunia. Hal ini tentu akan menjadi sebuah kebahagiaan untuk Anda, pasangan dan juga seluruh keluarga. Proses kelahiran yang dilalui si ibu memang akan menjadi momen atau saat yang tidak akan terlupakan. Karena itulah untuk menghadapi persalinan di butuhkan berbagai persiapan, baik fisik maupun mental.

Sebenarnya tidak hanya persiapan yang harus dilakukan untuk kelahiran saja yang perlu di perhatikan, tetapi juga Anda harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk pemulihan pasca melahirkan, dan pemulihan ini baik untuk persalinan normal maupun melalui operasi caesar. Seperti kita tahu bahwa proses pemulihan pasca operasi caesar memang akan cenderung lebih lama dibandingkan dengan persalinan normal. Tapi proses pemulihannya tetap sama pada setiap ibu yang telah melahirkan. Dan di bawah ini adalah beberpa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mempercepat pemulihan setelah persalinan baik normal maupun caesar.

1.    Ibu Pasca Melahirkan Jangan Mengangkat Beban Berat
Ibu pasca melahirkan kondisinya belum sangat pulih, oleh karena itulah ibu yang baru melahirkan jangan mengangkat beban yang berat melebihi berat bayinya. Hal ini jangan lebih dari  pada berat bayi Bunda meskipun Bunda merasa kuat dan baik-baik saja. Hal ini karena proses penyembuhan pada otot-otot di perut sedang berjalan. Nah, agar proses penyembuhan tersebut dapat berlangsung dengan baik maka setidaknya selama 6 minggu atau selama dalam masa nifas Anda sebaiknya cukup beristirahat dan tidak mengangkat beban berat terlebih dulu.

2.    Harus Memperbanyak Minum Air dan Mengonsumsi Makanan Berserat
Bunda, saat Anda menjalani proses persalinan maka Anda telah banyak mengeluarkan cairan, seperti halnya ketuban, darah dan juga cairan tubuh lainnya. Maka untuk itu lah diperlukan cairan pengganti. Caranya adalah dengan memperbanyak minum dan jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah-buahan dan makanan berserat. Hal ini agar memperlancar pencernaan Anda pasca melahirkan.

3.     Aktif bergerak
Setelah proses melahirkan yng cukup melelahkan, bukan berarti Anda hanya harus tiduran saja selama berhari-hari, sesekali cobalah secara bertahap untuk aktif bergerak. Seperti contohnya Anda bisa  melakukan jalan ringan di pagi hari. Hal ini baik dilakukan untuk membantu memperlancar sirkulasi darah, membantu dalam proses pemulihan, dapat membantu menguatkan otot dan mencegah terjadinya pendarahan.

4.    Ibu Harus Mengikuti Saran dan Petunjuk dari Dokter
Ibu pasca melahirkan maka akan di beri saran dan petunjuk dari dokter seperti jadwal kontrol pasca melahirkan. Baik itu melahirkan normal maupun melalui operasi caesar. Untuk itu ibu harus selalu mengikuti jadwal kontrol dengan baik, terlebih lagi jika Anda  memiliki penyakit selama proses kehamilan, seperti anemia. Untuk itu ikuti saran dokter dan juga taati setiap pantangannya.

5.    Perhatikan Luka Bekas Jahitan
Persalinan melalui operasi caesar tentunya akan meninggalkan bekas luka jahitan. Nah, jika luka bekas jahitan tidak dirawat dengan baik maka akan menyebabkan infeksi. Maka, untuk menghindari hal ini terjadi sebaiknya jagalah kebersihan tubuh lalu konsumsi makanan yang mengandung cukup nutrisi dan apabila diperlukan olesi cream atau minyak khusus untuk bekas caesar yang banyak dijual di apotek atau sesuai dengan rekomendasi dokter Anda.

Nah, itulah cara pemulihan ibu pasca melahirkan, dan agar ibu dapat beristirahat
dengan cukup ada baiknya jika Anda meminta bantuan pasangan atau keluarga untuk bergantian menjaga si buah hati atau mengerjakan pekerjaan rumah.

Leave a Reply