free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Pengaruh Musik Pada Janin Dalam Perut

Apakah saat ini Anda sedang memasuki masa kehamilan? Bunda, apakah Anda juga percaya pengaruh musik terhadap janin di dalam perut? Ya, sebenarnya sampai dengan saat ini musik  masih menjadi perdebatan di kalangan para ilmuwan. Sebagian ilmuwan menyatakan bahwa janin mampu merespon musik dengan pergerakan tertentu, akan tetapi sebagian ilmuwan lagi meyakini bahwa terjadinya pergerakan tersebut bukan berarti janin menikmati musik,  melainkan merasa terganggu akan adanya musik tersebut.

Selain pendapat tersebut ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa musik dapat meningkatkan kecerdasan bayi sejak dalam kandungan juga di perdebatkan, sebagian ilmuwan yakin dimana musik akan mampu memberikan efek tersebut setelah anak berada dalam usia kanak-kanak atau saat anak menginjak usia balita. Akan tetapi sebagian ilmuwan lain percaya bahwa helaan nafas bayi dalam kandungan akan mengikuti ritme musik yang didengarnya. Wah bunda pasti bingung ya?

Lalu apa yang sebaiknya ibu hamil lakukan? Sebenarnya bunda, ada dua cara dalam menikmati sekaligus memperkenalkan musik pada si janin. Cara yang pertama yakni dengan menyetel tape radio Anda keras-keras, dan Anda kemudian menikmatinya sepanjang hari. Akan tetapi apabila Anda menggunakan cara yang pertama ini maka pastikan volume radio Anda tidak lebih dari 70%. Hal ini dikarenakan apabila volume terlalu keras dan besar maka dikhawatirkan tidak baik bagi pendengaran Anda, janin Anda, dan juga tetangga di samping rumah Anda.

Cara kedua yakni dengan menggunakan headphones dan meletakkannya di atas perut Anda atau meletakkan sumber musik di dekat perut Anda. Akan tetapi jika melakukan cara yang kedua ini batasi waktunya hingga 1 jam per hari saja. Karena jika lebih dari satu jam dapat dikhawatirkan akan meng-overstimulate janin Anda, dimana akan mempengaruhi karena cairan amnion, yaitu cairan yang menyelubungi janin dimana merupakan penghantar suara yang sangat baik.

Jenis musik yang dipilih pun sebaiknya yang berupa simfoni musik klasik seperti karya-karya Mozart dimana memiliki komposisi dan repetisi yang harmonik yang mampu membuat perasaan menjadi merasa tenang. Akan tetapi pabila Anda tidak menyukai jenis musik ini, maka Anda bisa memilih jenis musik favorit Anda yang menurut Anda sama menenangkannya dengan musik klasik. Akan tetapi bunda, hindari juga musik keras seperti rock, rap, grunge, dan disco. Karena musik yang keras sebenarnya tidak baik bagi perkembangan struktur otak pada bayi manusia dan bahkan pada hewan.

Tahu tidak bunda akan begitu  kuatnya pengaruh musik pada lingkungan? bahkan mawar yang ditanam pada rumah yang penghuninya senang mendengarkan musik klasik ternyata lebih berbunga dibandingkan dengan yang ditanam di rumah yang mana seharian penuh menyetel musik-musik keras. Jadi saat memasuki masa kehamilan ini gunakan musik sebagai alat bantu untuk membuat Anda merasa relaks. Sehingga saat Anda relaks bayi di dalam kandungan pun akan merasakan hal yang sama. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan janin dan tetap gunakan musik sebagai media untuk membuat kehamilan Anda menyenangkan

Leave a Reply