free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Penyebab Perempuan Susah Hamil

Penyebab Perempuan Susah Hamil

Sulitnya memiliki keturunan biasanya dikarenakan kurangnya kesuburan baik pada pria maupun pada wanita, selain faktor kesuburan masih banyak faktor yang menyebabkan sulitnya seorang wanita untuk hamil seperti misalnya gaya hidup yang salah. Dibawah ini adalah 9 hal yang dapat menghambat kehamilan seperti yang dikutip dari lifescript, simak selengkapnya dibawah ini

1. Menunda Kehamilan Terlalu Lama

Seperti sudah diketahui bahwa dengan menunda terlebih dahulu kehamilan akan sulit untuk mendapatkan keturunan, hal ini dikarenakan kebanyakan wanita sekarang selalu menunda kehamilan untuk mengejar karir terlebih dahulu. Padahal sebenarnya saat seorang wanita mulai menginjak usia 30 – 40 tahun, akan sulit untuk hamil. Hal ini dikarenakan semakin tua usia seorang wanita, maka jumlah produksi sel telurnya pun akan berkurang sehingga terjadi penurunan kualitas. Tapi pada usia 20an, tubuh wanita dirancang secara evolusioner untuk dapat hamil dengan mudah. Jadi sebaiknya jangan menunda untuk memiliki momongan.

2. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Ketika seseorang mengidap Human papillomavirus atau biasa disebut HPV, yang merupakan infeksi menular seksual yang paling umum. Dan apabila pada saat menjalani prosedur penghapus sel-sel yang abnormal karena infeksi virus HPV tersebut akan sulit untuk mendapatkan keturunan. Tetapi apabila penyakit ini tidak segera diobati, maka sekitar 10% -15% wanita dengan penyakit klamidia akibat HPV akan menderita penyakit radang panggul (PID), yang tentu dapat merusak tuba falopi dan jaringan dalam dan dekat uterus dan ovarium.

3. Jumlah Sperma Sedikit

Kehamilan tidak hanya tergantung karena kesuburan seorang  wanita saja, tetapi juga pada kesuburan sperma pria. Apabila jumlah sperma pria rendah atau bahkan kurang dari 20 juta sperma per mililiter air mani tentu akan sulit untuk membuahi sel telur. Ejakulasi yang normal harus mengandung paling sedikit 39 juta sperma. Pada seorang wanita memang tetap bisa hamil walaupun jumlah sperma yang dikeluarkan oleh suaminya terlalu sedikit, tetapi tentu akan membutuhkan waktu yang lama.

4. Badan Terlalu Kurus

Setiap wanita memang menginginkan tubuh yang langsing dan ramping, bahkan rela melakukan diet yang ketat dan olahraga yang keras. Tetapi apabila seorang wanita terlampau langsing atau bahkan kurus tentu bisa memperlambat produksi hormon-hormon yang diperlukan untuk ovulasi, termasuk juga hormon estrogen. Hormon Estrogen dan testosteron, yang dapat merangsang produksi sperma berasal dari kolesterol. Oleh karena itu sedikit lemak bagus untuk wanita agar cepat hamil.

5. Badan Terlalu Gemuk

Seorang wanita yang memiliki kelebihan berat badan pun akan sulit untuk hamil. Hal ini dikarena sel-sel lemak terlalu banyak sehingga dapat menyebabkan kelebihan produksi estrogen dan ovulasi tidak teratur. Selain itu apabila terjadi kehamilan pun, dengan tubuh yang obesitas maka dapat meningkatkan risiko keguguran.

6. Berolahraga terlalu Berat

Olahraga memang baik untuk kesehatan,  tetapi dengan olahraga yang terlalu berat dan keras tentu  akan membuat seseorang susah mendapatkan kehamilan. Seorang wanita yang terlalu keras berolahraga akan kehilangan lemak tubuh yang berfungsi untuk memproduksi estrogen. Jadi sebaiknya olahraga cukup dilakukan 4-5 hari per minggu selama 30 menit untuk menjaga denyut jantung 120-130 denyut per menit. Bagi pria yang berolahraga terlalu banyak dan keras juga dapat menaikkan suhu internal dari testis yang menyebabkan sperma akan mati.

7. Konsumsi Suplemen

Dengan banyak mengonsumsi vitamin berupa suplemen, ternyata berisiko terhadap kehamilan. Apabila terlalu banyak vitamin A yang disimpan dalam tubuh saat hamil tentu akan menyebabkan cacat pada saat lahir, kelainan hati dan adanya gangguan lain. Sebaiknya wanita dengan umur 19 tahun dan lebih tua jangan mengkonsumsi  lebih dari 5.000 IU per hari, dimana setidaknya 50% berasal dari beta-karoten.

8. Pelumas

Tentu hampir semua pelumas dapat membahayakan sperma dan berisiko terhadap kesuburan. Sebaiknya periksa label pelumas terlebih dahulu untuk memastikan cairan pelumas tersebut tidak mengandung bahan spermisida. Dan pilihlah pelumas dengan bahan berbasis air, dan bukan bahan berbasis minyak bumi yang dapat memperlambat sperma.

9. Faktor Lain

Faktor lain yang dapat menghambat kehamilan adalah seperti memiliki kebiasaan merokok, banyak mengonsumsi minuman beralkohol, dan terlalu banyak asupan kafein dalam tubuh.

Nah, oleh karena itu hindari faktor-faktor diatas yang dapat menyebabkan seseorang sulit menuntuk hamil. Apabila Anda dapat menghindari faktor tersebut diharapkan Anda pun segera memiliki momongan .

Leave a Reply