free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Penyebab Terlambat Menstruasi Dan Cara Mengatasinya

Menstruasi atau sering disebut juga haid atau datang bulan merupakan sebuah perubahan fisiologis dalam tubuh seorang wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik itu FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode menstruasi sangat  penting dalam hal reproduksi dimana pada manusia sendiri dalam hal ini perempuan biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause.

Siklus menstruasi pada seorang wanita rata-rata terjadi sekitar 28 hari, dan tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, selain itu pada umumnya darah yang keluar atau hilang yang diakibatkan oleh  menstruasi yakni sekitar  10mL hingga 80mL per hari.
Masalah yang berhubungan dengan menstruasi salah satunya adalah telat menstruasi atau biasa di sebut terlambat datang bulan. Dalam hal ini terlambat datang bulan sendiri merupakan sesuatu yang normal bagi wanita. Hal ini di sebabkan oleh banyak faktor. Faktor apa sajakan yang menyebabkan terlambat menstruasi? Simak selengkapnya berikut ini :

1.    Kehamilan
Kehamilan merupakan salah satu penyebab terlambatnya datang bulan atau menstruasi, mulai dari awal kehamilan sampai dengan melahirkan maka wanita tersebut tidak akan mengalami menstruasi, akan tetapi dengan berhentinya atau terlambatnya menstruasi bukan berarti sepenuhnya menandakan bahwa Anda sedang hamil. Untuk itu pelu diketahui penyebabnya lebih lanjut

2.    Stres
Ternyata stres yang dialami seorang wanta ternyata bisa memicu terlambatnya menstruasi seseorang. Hal ini dikarenakan ketika seseorang stres, maka banyak sistem tubuh yang sebenarnya mulai terganggu. Dan tentu saja hal ini akan berdampak pada siklus datang bulan Anda. Untuk itu apabila haid Anda mulai terlambat sebaiknya cobalah untuk lebih rileks dan beristirahat lebih banyak dari biasanya.

3.    Olahraga
Olahraga sendiri bisa menjadi salah satu pemicu terlambatan haid. Seperti contohnya dimana banyak atlet wanita yang mengalami amenorrhea yakni kondisi di mana seseorang tidak mengalami menstruasi dalam sebulan. Dengan melakukan olahraga yang intens dan berolahraga dengan alasan ingin cepat menurunkan berat badan ternyata  bisa berdampak pada menstruasi. Dalam hal ini jika mengalami penurunan berat badan, kemungkinan besar hal ini menjadi penyebab keterlambatan datang bulan Anda.

4.    Alat Pengontrol Kehamilan
Sebenarnya salah satu desain dari alat pengontrol kehamilan memang didesain agar wanita tidak mengalami menstruasi untuk 3 sampai dengan 4 bulan. Jadi apabila menggunakan alat pengontrol kehamilan ini sebaiknya jangan lupa untuk mempelajari dampak apa yang bisa  ditimbulkan pada tubuh Anda. Dan apabila Anda belum benar-benar yakin maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

5.    Adanya Masalah dengan Kelenjar Gondok
Adanya masalah pada kelenjar gondok ternyata juga bisa menjadi penyebab terlambat datang bulan. Hal ini dikarenakan banyak wanita yang memiliki hypothyroidism, yakni dimana kondisi kelenjar tiroid tidak memroduksi hormon tiroid yang cukup. Hal ini dapat dilihat dengan gejala seperti sensitif pada udara dingin, konstipasi, kulit kering dan pucat, kenaikan berat badan, depresi dan terlambat datang bulan. Untuk itu sebaiknya lakukan cek darah dan pastikan pengobatannya dengan dokter Anda.

6.    Berubah Jadwal
Bagi sebagian wanita berubahnya atau bergantinya jadwal menstruasi bisa menjadi penyebab terlambatnya datang bulan,seperti contohnya pada awalnya mendapatkan haid pada tanggal tua lalu berubah menjadi tanggal muda atau pertengahan dan lain sebagainya. Dan hal ini juga bisa berhubungan dengan perubahan kebiasaan sehari-hari Anda. Seperti misalnya perubahan jam kerja pagi hari menjadi malam dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi datang bulan atau terlambat menstruasi tentu banyak yang bisa Anda lakukan, di bawah ini cara alami untuk mengatasinya
1.    Pertama siapkan 1 buah jeruk nipis, 2 jari kunyit, garam dan kapur sirih secukupnya.
2.    Lalu campurkan air perasan kunyit dan jeruk nipis beserta kapur sirih lalu tambahkan garam secukupnya.
3.    Minum ramuan air ini 1X sehari.

Itulah penyebab terlambatnya menstruasi dan cara mengatsinya, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda

Rekomendasi Kami:

Cara Cepat Hamil

Leave a Reply