free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Perbedaan antara kehamilan Pertama dan Kedua

Kehamilan pada setiap orang berbeda-beda begitu juga tiap kehamilan pada ibu yang sama, dimana setiap kehamilan yang dijalani sebelumnya dan berikutnya akan ada perbedaan. Kenyataannya banyak perempuan yang merasa lebih tenang saat menghadapi kehamilan kedua, ya, karena wanita tersebut merasa sudah cukup berpengalaman pada kehamilannya yang pertama. Akan tetapi bukan berarti kehamilan berikutnya tanpa masalah, justru bisa jadi kehamilan kedua lebih banyak masalah daripada kehamilan pertama.

Nah, untuk mengetahui perbedaan apa saja antara kehamilan pertama dan kedua, simak selengkapanya di bawah ini :

1.    Bayi Bergerak Lebih Cepat.
Salah satu perbedaan yang dirasakan ibu antara kehamilan pertama dan kedua yakni dimana  pada kehamilan kedua bayi akan bergerak lebih cepat daripada yang pertama kali. Dimana biasanya seorang ibu yang baru pertama kali hamil maka akan mengetahui bayinya menendang pada bulan kelima. Sedangkan pada kehamilan kedua maka tendangan akan mulai terasa pada usia empat bulan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan si ibu sudah tahu bagaimana rasanya bayi menendang dan bergerak sehingga akan lebih sensitif merasakan tendangan baik tendangan yang lemah sekalipun.

2.    Perut Terasa Membesar Dengan Lebih Cepat.
Pada hamil kedua ibu akan merasakan perutnya akan lebih mengembang lebih cepat dibandingkan saat kehamilan pertama. Dimana pada bagian kepala bayi saat hamil kedua akan  lebih cepat berkembang lebih dibanding kehamilan pertama.

3.    Posisi Bayi Lebih Rendah.
Hal ini dikarenakan otot perut Anda dapat lebih  membentang lebih besar dibanding kehamilan pertama, sehingga Anda akan merasakan posisi janin lebih rendah. Maka ibu akan dapat bernapas lebih mudah dan juga makan lebih enak daripada kehamilan pertama. Akan tetapi sisi negatifnya yakni dimana Anda akan lebih sering buang air kecil dan merasa tidak nyaman di bagian panggul karena ada tekanan lebih di daerah kandung kemih dan juga panggul. Untuk mensiasati hal tersebut ada baiknya jika Anda melakukan latihan Kegel untuk memerkuat otot-otot panggul.

4.    Kehamilan Kedua Lebih Singkat
Merasakan kehamilan kedua lebih singkat dikarenakan saat kehamilan Anda yang kedua Anda tengah disibukan dengan mengasuh si sulung, maka sedikit sekali waktu untuk memperhatikan perubahan selama kehamilan. Selain itu banyak para ibu juga merasakan pada kehamilan kedua akan lebih cepat dari perkiraan tanggal kehamilan. Dan bahkan para peneliti dalam penelitiannya menyatakan bahwa kehamilan pertama memang lebih lama dibandingkan kehamilan berikutnya.

5.    Proses Persalinan yang Berbeda
Dengan pengalaman proses persalinan kehamilan pertama yang dilewati dengan rasa sakit, trauma, ketakutan dan lainnya sebagainya. Maka pada proses persalinan kedua Ibu akan  lebih mempersiapkan dan menghindari hal-hal yang terjadi pada persalinan pertama dan sudah mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan baik.

Nah, bunda itulah beberapa perbedaan yang dapat dirasakan pada antara kehamilan pertama, kedua maupun kehamilan berikutnya. Semoga infirmasi ini dapat bermanfaat dan bayi Anda dapat lahir dengan selamat.

Leave a Reply