free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Perbedaan USG 2 Dimensi,3 Dimensi,dan 4 Dimensi

USG merupakan singkatan dari Ultrasonography yaitu suatu alat yang prinsip dasar kerjanya menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang tidak dapat didengar oleh telinga kita. Maka dengan menggunakan  alat berupa USG ini maka pemeriksaan organ-organ tubuh dapat dilakukan dengan aman. Bahkan pemeriksaan USG setiap seminggu sekalipun di klaim tidak ada efek negatifnya kepada bayi yang dikandung.

Kemajuan teknologi yang begitu pesat saat ini telah membuat hasil USG saat ini jauh lebih baik. Apabila dulu gambar yang dihasilkan nampak kasar dan hanya monochrome, akan tetapi dengan teknologi baru yang kemudian populer dengan sebutan USG 3 Dimensi, maka tampilan gambar hasil USG akan tampak lebih jelas dan dapat berwarna. Nah, apakah Anda tahu perbedaan antara USG 2 dimensi, 3 dimensi  dan 4 dimensi.  Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

1.     USG 2 Dimensi


USG 2 Dimensi ini mampu menampilkan gambar dua bidang yakni memanjang dan juga melintang. Sebetulnya USG 2 dimensi ini mampu menampilkan kualitas gambar yang cukup baik dan mayoritas kondisi pada janin yang dikandung dapat ditampilkan. Dengan USG 2 Dimensi  ini kita dapat mengamati gerakan janin akan tetapi harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana bentuk anatomi normal baru kemudian dapat menggambarkannya pada citra 2 dimensi.

2.    USG 3 Dimensi


Melalui USG 3 Dimensi ini ada tambahan 1 bidang gambar lagi yang disebut koronal. Yang mana Anda dapat melihat gambar yang tampil mirip seperti aslinya. Selain melihat wajah janin di dalam kandungan, Anda juga dapat melihat permukaan tubuh janin tentunya dengan keadaan janin dari posisi yang berbeda-beda. Pada USG 3 Dimensi ini janin pun tampak seperti foto sehingga Anda sudah mampu mengenali wajah janin yang sedang dikandung. Bahkan pada generasi terakhir, tampilan organ dalam seperti halnya jantung, otak dan lain sebagainya sudah  lebih mudah dikenali dengan potongan tomografi yaitu suatu konsep yang mirip dengan CT Scan

3.    USG 4 Dimensi


USG 4 Dimensi ini merupakan pengembangan dari USG 3 dimensi yang dapat bergerak atau live 3D. Apabila tampilan gambar yang diambil dari USG 3 Dimensi statis, maka pada USG 4 Dimensi ini gambar janinnya akan dapat bergerak. Pilihan yang tepatlah tatkala ibu atau orangtua yang menginginkan untuk dapat melihat janin yang dikandungnya lebih jelas dengan memeriksakan kandungan dengan menggunakan USG 4 dimensi. Banyaknya kelebihan yang dimiliki USG 4 Dimensi ini tentunya dapat menggali informasi lebih banyak lagi mengenai  anatomi janin secara lebih jelas. Saat itu Anda sudah mulai dapat melihat wajah bayi hingga kelengkapan anggota badannya yang lain, pun demikian, anda dapat mengetahui kelainan pada bayi secara jelas.

Kesimpulannya, pemeriksaan USG  baik menggunakan 2 dimensi, 3 dimensi atau 4 dimensi akan membantu mengidentifikasi kondisi janin apakah normal atau terdapat kelainan. Sehingga langkah antisipatif akan lebih cepat di ambil. Pada beberapa kasus, seringkali pemeriksaan USG ini bisa memperkuat hubungan antara calon ibu dan janin yang dikandungnya. Untuk melakukan pemeriksaan USG, anda biasanya harus menyiapkan dana sekitar 300 s.d 500 ribu tergantung dari rumah sakit,atau klinik, atau dokter spesialis kandungan tempat anda memeriksakan diri. Selamat mencoba

Leave a Reply