free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Perhatikah Hal Ini Jika Suami Ingin Dampingi Istri Melahirkan

Memiliki buah hati memang keinginan terbesar ketika membangun suatu rumah tangga, dan setelah sembilan bulan mengandung kemudian tibalah pada saatnya persalinan, maka ini merupakan suatu hal yang di tunggu-tunggu sekaligus menegangkan. Mengapa demikian? Ya karena pada saat itulah perjuangan seorang ibu melahirkan bayinya antara hidup dan mati. Nah, dalam proses melahirkan ini maka merupakan momen di mana istri sangat membutuhkan dukungan dan terutama dukungan dari suami.

Selama proses persalinan suami harus ikut serta menemani dan mendampingi sang istri, namun demikian ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda menemani sang istri. Salah satunya adalah kenyataan bahwa suami akan melihat banyak darah. Selain itu ada juga banyak cairan yang akan keluar seperti air ketuban, urine, muntahan, lendir, air mata, dan lain sebagainya. Di balik semua itu maka suami pun akan menemui berbagai perasaan yang sangat emosional.

Dan tentunya tidak semua calon ayah merasa takut dalam mengadapi proses melahirkan dan justru sangat ingin mendampingi sang istri yang berada di ruang persalinan. Nah, jika Anda seorang suami yang ingin mendampingi istri melahirkan perhatikan beberapa hal di bawah ini :

1.    Selalu Utamakan Kondisi Istri
Ketika istri tengah melewati proses persalinan, baik itu secara normal maupun melalui operasi caesar,maka seorang istri akan sangat membutuhkan kesiapan fisik dan juga mental. Nah, sebagai suami ada baiknya untuk terus memantau dan memperhatikan hal apapun  yang hanya akan membuat istri menjadi resah dan stres. Selalu utamakan kondisi dan keadaan istri

2.    Jangan Takut Untuk Banyak Bertanya
Sebagai suami yang peduli terhadap istri dan juga bayinya maka untuk mendapatkan dan melakukan yang terbaik  maka jangan takut untuk mengajukan beberapa pertanyaan pada para perawat ataupun dokter. Walaupun dokter dan juga perawat tengah sibuk maka tidak ada salahnya jika Anda selalu menanyakan tentang bagaimana kondisi istri dan bayi Anda yang sebenarnya yang mana hal ini bisa mengurangi stres yang mungkin anda dan istri alami

3.    Apabila Merasa Mual, Segera Alihkan Pandangan
Apabila Anda merasa mual dengan melihat kondisi di ruang persalinan karena proses persalinan itu sendiri maka sebaiknya segera alihkan pandangan Anda dan duduklah di lantai dengan posisi kepala di antara lutut. Hal ini sebaiknya Anda lakukan karena saat seorang perawat atau dokter sedang membantu istri yang sedang bersalin, maka tentunya akan sangat berisiko apabila Anda justru meminta bantuan mereka.

4.    Perhatikan Kondisi Istri Saat Menunggu Proses Induksi
Apabila istri Anda memiliki proses persalinan yang cukup panjang atau mungkin melalui proses induksi, maka sebagai suami sebaiknya menahan  keinginan untuk makan makanan besar dengan aroma yang kuat di samping istri. Hal ini dikarenakan pada saat ini dimana keadaan istri biasanya tidak akan makan selama berjam-jam dan jika mereka menghirup partikel makanan ke paru-paru, maka hanya akan semakin menunda proses persalinan.

5.    Setelah Selesai Persalinan, Jangan Tinggalkan Istri
Saat bayi Anda lahir, maka Anda akan ingin segera memberitahukan kelahirannya kepada seluruh anggota keluarga. Akan tetapi sebaiknya lewati saat-saat berharga dimana Anda benar-benar tetap berada di samping istri dan bayi Anda sesaat setelah persalinan.

Nah, bagi para calon orang tua, walaupun proses ini akan terasa sangat menakutkan dan menegangkan akan tetapi akan menjadi sebuah proses permulaan Anda menjadi orang tua.

Leave a Reply