free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Perkembangan Anak Pada Masa Periode Emas

Sejak masih dalam kandungan sampai dengan kelahiran, perkembangan serta pertumbuhan anak selalu saling berkaitan satu sama lain, yakni dimana perkembangan motorik dan fisik anak akan sangat berkaitan erat dengan pertumbuhan psikis anak. Untuk itulah psikologi dan perkembangan fisik usia dini akan sangat berhubungan dan berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan selanjutnya dan secara menyeluruh. Dalam hal ini yakni periode emas si kecil. Periode emas merupakan suatu masa keemasan bagi anak di usia dini. Dimana pada masa ini, si kecil akan mengalami tingkat perkembangan yang sangat cepat seperti contohnya pada perkembangan cara berfikir, mengatur emosi, perkembangan motorik, perkembangan fisik dan juga sosial.

Sebenarnya periode emas pada anak akan dialami anak pada usia 0 sampai dengan 8 tahun. Dan dalam masa periode emas ini diharapkan para orang tua dapat memberikan perhatian khusus pada pertumbuhan dan perkembangan anak sejak dini. Tentu saja karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan anak di masa yang akan datang. Lalu apa yang sebaiknya Anda lakukan dalam memasuki masa periode emas anak ini ? Nah, Anda sebagai orang tua sebaiknya mengetahui, mendukung dan memperhatikan perkembangan anak seperti di bawah ini :

1.    Ketahui Perkembangan Kognitif Anak
Perkembangan kognitif sendiri terbagi ke dalam 4 tahap yaitu :
1.    Tahap sensorimotor yang terjadi pada usia 0-2 tahun
2.    Tahap pra-operasional yang terjadi pada usia 2-7 tahun
3.    Tahap konkret operasional yang terjadi pada usia 7-11 tahun
4.    Tahap formal operasional yang terjadi pada usia remaja.

2.    Ketahui Perkembangan Fisik Anak.

Bunda untuk dapat mengetahui perkembangan fisik anak maka dapat dilihat dari perkembangan motorik anak itu sendiri, yakni seperti yang terbagi ke dalam dua bagian yaitu :

1.    Perkembangan motorik halus
2.    Perkembangan motorik kasar.

3.    Ketahui Perkembangan Bahasa dan Perkembangan Sosio-emosional.
Biasanya pada masa periode emas saat anak masih dalam usia dini, maka anak akan sangat peka dan lebih sensitif terhadap berbagai rangsangan dan juga pengaruh dari luar, dalam hal ini seperti adanya pengaruh lingkungan. Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan dan dapat merusak pertumbuhan fisik maupun psikologis anak maka sebaiknya orang tua lebih  memperhatikan tumbuh kembang anak baik dari segi fisik maupun psikologis. Dengan perhatian yang istimewa dari kedua orang tuanya maka akan memberikan kehidupan yang lebih baik pada anak di masa yang akan datang sesuai dengan yang Anda harapkan.

4.    Lakukan Stimulasi Dini
Salah satu metode yang dapat dipergunakan untuk membantu anak berkembang dengan baik dan berkualitas yakni melalui rangsangan yang dilakukan sejak bayi baru lahir seperti mengajak anak berkomunikasi dan lain sebagainya. Selain itu harus juga merangsang anak melalui gerakan kasar dan halus pada kaki, tangan dan jari-jari, menyentuh dan juga memeluknya.

Nah, bunda dengan mengoptimalkan segala perkembangan pada masa periode emas maka akan menentukan perkembangan anak selanjutnya, yang mana akan menjadi dasar dari fisik dan psikologis anak saat dewasa. Jadi berikan yang terbaik pada masa periode emas tersebut.

Leave a Reply