free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Perkembangan Janin Di Bulan Ke 4

Sebagai seorang calon ibu, tentu perubahan sekecil apapun pada tubuh dan janin Anda akan menjadi sebuah perhatian dan menjadi momen yang tidak akan terlupakan. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana perkembangan janin Anda di usia yang menginjak 4 bulan, simak penjelasan dan keterangan lemgkapnya di bawah ini :

1.    Perkembangan Janin Bulan ke 4 Minggu ke-13
Pada minggu ini dimana retina, kornea, iris atau selaput pelangi, serta lensa mata janin sudah mulai dapat berfungsi. Pada usia ini, janin pun mulai mampu mengedipkan mata dan merasa peka terhadap cahaya. Sebenarnya tumbuh kembang janin sendiri di dalam perut ibu didukung oleh plasenta, yang mana menghubungkan antara ibu dan janin dalam hal pemberian makanan, pembuangan sisa metabolisme, serta menyaring zat-zat yang berbahaya. Nah, pada usia inilah dimana janin telah mampu merasakan detak jantung ibunya. Panjang janin saat ini diperkirakan sekitar 7,5cm dengan trakea, paru-paru, perut, hati, pankreas, dan usus berkembang ke fungsi terakhir. Selain itu pita suara dan tunas gigi tumbuh.

2.    Perkembangan Janin Bulan ke 4 Minggu ke-14
Pada minggu ini telinga janin telah menempati posisi normal pada di sisi kiri dan juga kanan kepala. Bagian leher mulai memanjang dan bagian dagu tidak lagi menyatu dengan dada. Selain itu alat-alat kelamin bagian luar juga mulai terlihat lebih nyata, maka pada usia ini mulai dapat dilihat jenis kelamin antara perempuan atau laki-laki. Hal yang lebih menyenangkan lagi adalah dimana pada usia ini janin sudah mulai mampu memberi respons terhadap dunia di luar rahim ibu seperti contohnya janin akan bergerak jika si ibu mengusap perut, walaupun si ibu belum dapat merasakan gerakannya.

3.    Perkembangan Janin Bulan ke 4 Minggu ke-15
Pada usia 15 bulan janin sudah mulai dapat mendengar apa yang dikatakan ibunya, mendengarkan denyut jantung dan suara perut. Pada saat ini si janin juga sudah mempunyai rambut di kepalanya, juga bulu mata dan alis. Dimana ukuran si kecil sekarang sekitar 114 gram dengan panjang sekitar 15 cm. Pada usia ini ibu hamil sangat dianjurkan untuk mulai mengenakan baju hamil, hal ini dikarenakan bagian kulit dan otot-otot, terutama di sekitar perut akan melar karena si ibu akan mengalami peregangan luar biasa guna mengakomodasi pembesaran rahim. Selain itu garis-garis regangan yang disebut striae pun pada umumnya akan  muncul di daerah perut, payudara, bokong dan juga panggul.

4.    Perkembangan Janin Bukan ke 4 Minggu ke-16
Saat ini panjang janin akan bertambah dengan sangat cepat selain itu gerakan-gerakannya pun akan lebih kuat. Saat ini pula plasenta telah terbentuk dan berfungsi sepenuhnya. Panjang janin pada usia ini sekitar 16 cm dan memiliki berat sekitar 135 gram. Pada minggu ini apabila Anda meletakan sinar terang di bagian perut anda, maka bayi akan menggerakan tangan ke arah matanya. Selain itu sistem pencernaannya pun mulai menjalankan fungsinya.

Nah, bagi Anda yang sedang hamil dalam usia bulan ke 4 ini, di atas adalah perkembangan janin dari minggu ke minggu. Semoga bayi Anda tumbuh sehat ya

Leave a Reply