free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Perubahan Rambut Pada Ibu Hamil

Apakah Anda pernah mendengar tentang perubahan rambut saat memasuki masa kehamilan? Ya, bagi sebagian ibu hamil rambutnya akan terlihat lebih tebal, hal ini dikarenakan adanya peningkatan hormon estrogen yang mana berfungsi untuk mengontrol kecepatan tumbuhnya rambut. Maka pada saat kehamilan rambut wanita hamil seharusnya rontok akan tetap bertahan dan rambut baru juga akan tetap tumbuh. Maka untuk itu jangan merasa aneh jika Ana sedang hamil, tumbuh beberapa helai rambut baru di tempat yang tidak biasanya.

Selain rambut yang lebih lebat, rambut wanita hamil juga akan lebih berminyak, hal ini dikarenakan adanya peningkatan jumlah kelenjar minyak yang mana bertambah banyak pada masa kehamilan. Bagi setiap manusia rambut pada umumnya akan mengeluarkan sebum untuk membuat rambut tetap lembab. Akan tetapi pada masa kehamilan, produksi sebum tersebut akan meningkat sebagai akibat dari adanya perubahan hormon dan juga bisa dikarenakan adanya pengaruh stres pada ibu hamil.

Lalu bagaimana dengan kasus ibu hamil yang pada masa kehamilan justru rambuntnya rontok? Sebenarnya rambut yang rontok pada ibu hamil dikarenakan kekurangan asupan vitamin dan zat besi yang mana sangat di butuhkan oleh ibu dan juga janin. Akan tetapi jika hal ini terjadi, jangan panik dan khawatir karena rambut tentunya akan tumbuh secara normal kembali ketika kadar hormon pada tubuh Ibu hamil kembali seimbang, yang mana biasanya akan kembali normal saat mencapai 6 sampai dengan  12 bulan pasca melahirkan.

Perubahan rambut lainnya yang dapat terjadi pada ibu hamil rambut yaitu rambut yang lurus berubah menjadi keriting atau juga sebaliknya rambut yang keriting menjadi lurus. Mengapa hal ini terjadi? Perubahan rambut seperti ini dikarenakan adanya ikatan disulfide yakni berupa zat kimia pada rambut yang dapat mengikat serat keratin rambut yang ikatan tersebut dapat diubah oleh mineral yang terdapat dalam makanan. Dengan perubahan ikatan ini maka akan mengakibatkan terjadinya perubahan bentuk rambut, yaitu rambut yang keriting menjadi lurus atau sebaliknya.

Dengan banyaknya perubahan fisik yang di alami ibu hamil, begitu juga dengan rambut maka ibu hamil tersebut harus pandai menjaga kecantikannya walaupun sedang hamil, caranya yakni dengan contoh seperti berikut ini :

  1. Memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah dan sayur dimana mengandung flafonoid yang akan melindungi kantung rambut juga akan merangsang pertumbuhan rambut baru.
  2. Jika kerontokan saat masa kehamilan semakin bertambah parah, maka sesegera mungkin konsultasi dengan dokter. Hal ini agar tubuh dapat menyeimbangkan hormonnya kembali atau dengan bantuan terapi khusus.
  3. Selama masa kehamilan sebaiknya hindari terlalu sering menyentuh dan memegang rambut karena dengan hal ini akan merangsang kelenjar sebum yang mana akan membuat rambut lebih berminyak dan cepat kotor
  4. Hindari goreng-gorengan dan makanan berlemak
  5. Perbanyak minum air putih.

Itulah beberapa perubahan rambut pada wanita yang sedang hamil, jadi jika Anda merasakan perubahan rambut seperti di atas jangan panik dan khawatir karena perubahan tersebut merupakan sesuatu hal yang wajar dan normal.

Leave a Reply