free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Pilih Mainan Tepat Untuk Si Bayi

Memilih mainan yang tepat untuk si kecil memang gampang-gampang susah ya bunda?  Dunia bermain bayi atau balita adalah dunia paling dominan bagi seorang anak kecil, dalam setiap waktu dan kesempatan dihabiskan untuk bermain, bahkan pada saat bermain ternyata dapat lebih memaksimal penyampaian dalam hal pelajaran dan pendidikan anak. Tentu metode pembelajaran anak harus tetap disesuaikan dengan kemampuan anak tersebut. Untuk memenuhi hasrat bermain dan keingintahuan anak, tentu dibutuhkan mainan yang tepat, dimana media bermain tersebut juga bisa dijadikan sebagai media belajar untuk perkembangan otak dan fisiknya juga. Sebelum memilih mainan apa yang akan di berikan kepada sibuah hatil, sebaiknya kenali terlebih dahulu fase umur dan juga kebutuhnnya. Nah untuk itu simak fase pertumbuhan anak  saat memilih mainan yang tepat untuk anak kita. Fase-fase tersebut antara lain adalah:

1. Fase Bayi Baru Lahir s.d 3 Bulan
Si baby Anda yang baru lahir biasanya masih belum terlalu aktif atau banyak bergerak. Nah, untuk si bayi mungil Anda, berikan mainan dengan warna-warni yang menarik yang dapat menarik perhatian si kecil selain itu biasanya mainan bayi yang memberikan efek suara dimana dapat bergerak-gerak yang tentu dapat menarik perhatian si kecil, mainan tersebut biasanya digantung di box bayi. Contohnya seperti kotak musik, lonceng kecil, giring-giring, ataupun mainan berbunyi apabila di tekan.

2. Fase Bayi Umur 3 s.d 6 Bulan
Menginjak usia 3 bulan, bayi mulai bayak bergerak dan rasa ingin tahunya semakin besar, seperti dengan cara menggigit-gigit mainan atau mulai memasukan beragam benda yang di pegangnya ke dalam mulut. Untuk itu sebaiknya berikan mainan dari karet atau plastik yang bisa di gigit, tapi tetap pastikan tetap aman untuk si kecil. Mainan lain contohnya bisa seperti mainan boneka empuk yang berisi dakron atau kapuk, lonceng, bola, gelang dan lainnya

3. Fase Bayi Umur 6 s.d 9 Bulan
Memasuki usia 6 s.d 9 bulan, bayi akan semakin aktif dan berusaha mengambil berbagai benda untuk mengetahui segala hal yang ada di sekelilingnya. Oleh karena itu, selalu pastikan barang-barang di sekitar ruangan  tempat bayi Anda berada selalu aman dari segala sesuatu yang dapat membahayakan si kecil. Pada usia ini si kecil dapat diberikan mainan seperti balok-balok bola-bola kecil berwarna-warni atau mainan menggelinding atau pun mainan beroda sehingga bayi Anda akan berusaha untuk mengejarnya.

4. Fase Bayi Umur 9 s.d 12 Bulan
Menginjak usia ini, si kecil Anda akan mulai belajar berjalan. Oleh karena itu berikan mainan yang dapat dapat merangsang perkembangan dan pertumbuhannya. Karena si kecil lebih aktif dan tidak bisa diam, maka pada usia ini Anda dituntut untuk meberikan perhatian dan pengawasan yang lebih untuk si kecil. Mainan yang cocok untuk usia ini adalah mainan yang bisa di lepas-lepas atau bisa juga dicabut pasang untuk mengasah daya kreatifitasnya, atau balok kotak-kotak besar yang berwarna-warni berbahan dasar karton yang bisa dipanjatnya untuk merangsang pertumbuhan fisiknya. Tetapi tetap dampingi si kecil saat sedang bermain.

Itulah beberapa pilihan mainan untuk si kecil, selalu pastikan kebersihan dan keamanan mainna tersebut. Perlu di ingat jangan asal membeli mainan untuk bayi walaupun harganya murah dan menarik karena bisa jadi berbahaya untuk buah hati Anda, pilihlah mainan sesuai kebutuhan dengan usia si kecil yang tentu dapat mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Semoga bermanfaat ya bunda.

1 Comment
  1. SETUJU.. (“,)
    Dunia anak adalah bermain. Mainan yang tepat akan mendukung perkembangannya

Leave a Reply