free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Posisi Duduk Yang Tepat Untuk Ibu Hamil

Kehamilan memang selalu menjadi sesuatu hal yang harus selalu di perhatikan. Mulai dari makanan, minuman, vitamin, cara tidur dan lain sebagainya. Ketika Anda sedang hamil, Anda harus mulai memikirkan banyak hal agar tetap sehat dan aman selama masa kehamilan. Begitu juga dengan cara duduk orang yang sedang hamil dimana harus tetap di perhatikan. Nah, apabila seorang wanita sedang hamil, bagaimana poisisi duduk yang benar agar memberikan kenyamanan untuk Ibu dan juga janinnya yang berada di dalam perut? Sebelum mengetahui bagaimana posisi duduk yang benar untuk wanita hamil, Anda juga harus tahu bahwa menurut sebuah penelitian yang terbaru menyatakan bahwa wanita hamil yang berdiri dalam jangka waktu yang lama maka akan memiliki bayi lebih pendek dan juga kurus.

Dengan ini Anda tidak inginkan hal ini terjadi pada anak Anda kelak? Nah, jadi jika Anda akan duduk dengan waktu yang lama maka Anda harus mengetahui posisi duduk yang benar, nyaman dan juga aman. Karena cara duduk pun bisa membawa dampak yang besar pada kehamilan Anda. Apabila Anda duduk posisi kurang tepat maka Anda bisa menderita sakit punggung atau nyeri pada perut bagian bawah. Dibawah ini adalah beberapa tips bagi ibu hamil untuk mengambil posisi duduk yang tepat dan nyaman, seperti dilansir Boldsky.

1.    Sebaiknya Ibu Hamil Duduk Dengan Posisi Punggung Lurus dengan Bahu Tertarik ke Belakang.
Saat Anda sedang mengandung maka peningkatan berat badan akan sangat mempengaruhi ligamen dan juga otot. Dengan terjadinya hal ini maka dapat menyebabkan nyeri pada tubuh sehingga sulit untuk duduk dengan benar. Akan tetapi duduk dengan posisi duduk yang lurus akan membuat Anda merasa lebih baik, selain itu juga dapat menghindari sakit punggung selama menjalani masa kehamilan.

2.    Ibu Hamil Harus Menyandarkan Tubuh Sepenuhnya di Kursi atau Sofa.
Cara ini juga merupakan cara lainnya agar membantu wanita hamil untuk menghindari sakit punggung. Posisinya dengan duduk dan menyandarkan pantat dan bahu pada kepala sofa, dengan ini maka Anda dapat merasa lebih nyaman.

3.    Selalu Seimbangkan Berat Badan ketika Anda sedang duduk.
Sebagian ibu yang sedang hamil maka bagian kaki akan rentan nyeri dan bengkak. Hal ini diakibatkan karena kenaikan berat badan. Untuk itulah maka jika Anda sedang duduk atau berdiri, maka selalu seimbangkan berat badan Anda pada kedua kaki. Nah, pada posisi duduk, maka bagilah porsi tubuhnya pada kedua pinggul.

4.    Seorang Wanita yang Sedang Hamil Tidak Boleh Duduk di Posisi yang Sama Selama Lebih dari 30 Menit.
Saat ibu sedang hamil maka sebaiknya ubahlah posisi duduk setiap 30 menit sekali  untuk meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan juga untuk menghindari rasa nyeri.

5.    Jika Wanita Hamil yang Bekerja Harus Duduk Berjam-jam di kantor.
Nah, apabila Anda seorang ibu hamil yang bekerja dan lebih banyak beraktifitas dengan duduk saja selama seharian, maka sebaiknya usahakan untuk lebih sering meregangkan bagian kaki setiap jam. Selain itu Anda dapat juga mencoba untuk berjalan-jalan kecil di dekat meja kantor.

Nah, itulah posisi duduk yang benar untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat ya bunda..

Leave a Reply