free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Seorang wanita yang tidak sedang dalam kondisi hamil, tentu bebas untuk menentukan posisi tidur yang di inginkan, akan tetapi sangat berbeda dengan posisi ibu yang sedang hamil dimana posisinya harus aman, nyaman dan sesuai dengan usia kehamilan. Nah, bagi Anda calon ibu yang sedang mengandung si buah hati tahukah posisi tidur yang benar? Simak selengkapnya berikut ini

Sebenarnya tubuh ibu yang sedang hamil telah di ciptakan begitu sempurna untuk janinnya. Dimana mampu memberikan perlindungan, kenyamanan dan ketenangan untuk si buh hati. unik sehingga dapat memberikan perlindungan. Di dalam perut ibu si janin bisa bergerak bebas karena mengapung dalam cairan ketuban dimana mempunyai ruang yang nyaman untuk bergerak bebas. Akan tetapi walaupun demikian, ibu hamil harus tetap waspada untuk tetap menjaga kandungannya. Dan berikut ini posisi tidur yang baik dan tepat untuk ibu hamil :

1.    Posisi Tidur Ibu Hamil Tengkurap
Posisi tidur tengkurap sendiri sebenarnya aman untuk ibu yang sedang hamil. Akan tetapi hanya nyaman untuk ibu yang masih hamil usia muda yakni trismester pertama. Tidur dengan posisi seperti ini akan menjadi tidak nyaman karena adanya pembesaran payudara dan dimana saat perut anda sudah mulai membesar yakni sekitar awal usia kehamilan 14 minggu. Apabila dengan usia demikian Anda ingin tidur dengan posisi tengkurap anda harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur karena perut pun sudah yang mulai membesar.

2.    Posisi Tidur Ibu Hamil Terlentang
Posisi ibu hamil tidur dengan terlentang di anjurkan saat memasuki usia kehamilan 16 minggu. Karena dengan posisi terlentang seperti ini dimana ibu akan meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus,  dan juga vena cava inferior. Akan tetapi tidur dengan posisi terlentang dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, timbulnya wasir, munculnya gangguan pencernaan, dan juga dapat mengganggu pernapasan dan sirkulasi. Dengan posisi tidur terlentang  saat memasuki trimester kedua dan ketiga ternyata dapat juga mempengaruhi tekanan darah. Selain itu bagi sebagai wanita hamil lain, posisi tidur terlentang dapat menyebabkan penurunan darah yang akan membuat kepala terasa pusing, serta meningkatkan tekanan darah. Perlu di ketahui juga bahwa ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi , maka tidur dengan posisi terlentang sangat tidak dianjurkan.

3.    Posisi Tidur Ibu Hamil Miring
Posisi tidur yang mungkin paling di anjurkan ketika usia kandungan menginjak 16 minggu adalah posisi tidur miring ke sebelah kiri, dengan posisi deperti ini maka akan memberi banyak keuntungan dimana bayi akan mendapatkan aliran darah dan juga nutrisi yang maksimal ke  plasenta karena adanya vena besar (vena cava inferior ) dibagian belakang sebelah kanan svina yang mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah ke jantung. Yang mana juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan.

Selain posisi tidur miring ke kiri, posisi tidur miring ke kanan juga tidak kalah baik. Jadi bisa bergantian dan membuat posisi tidur senyaman mungkin. Agar posisi tidur lebih nyaman sebaiknya letakan satu bantal diantara di dengkul dan satu bantal di punggung anda.

Nah itulah beberapa posisi tidur yang di anjurkan untuk ibu yang sedang hamil, semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda

Leave a Reply