free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Pria Lebih Mudah Turunkan Berat Badan

Wanita kadang sering heran dan bingung kenapa dibandingkan wanita, pria cenderung lebih mudah menurunkan berat badan. Seorang pria yang tidak diet tubuhnya cenderung selalu ramping tetapi wanita yang melakukan diet ketat pun kadang sulit menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan secara fisik tubuh pria memang berbeda dengan tubuh wanita. Lalu apa sajakah perbedaannya?

Di bawah ini adalah beberapa hal yang membuat pria lebih unggul dalam urusan penurunan berat badan:

1.    Metabolisme

Pada tubuh manusia terdapat sel-sel lemak dimana memiliki reseptor biokimia atau pemicu yang berbeda. Dan salah satu jenis reseptor yang menyebabkan penyimpanan lemak atau reseptor alfa dan jenis lain dari reseptor yang menyebabkan pelepasan lemak atau reseptor beta. Pada tubuh seorang wanita cenderung memiliki lebih banyak reseptor alfa di bagian pinggul dan bagian paha, sehingga lebih banyak mendukung penyimpanan lemak. Pada tubuh pria secara alami memiliki metabolisme yang lebih cepat dari wanita, hal ini terutama dikarenakan komposisi tubuh pria yang memiliki lebih banyak otot daripada wanita.

2.    Kapasitas Paru-paru pada Pria Lebih Besar

Bentuk fisik wanita dan pria memang berbeda, seperti halnya kapasitas paru-paru pria, dimana 25 % sampai dengan 30 % lebih besar dari wanita. Dengan hal ini maka memberikan keuntungan bagi pria dalam melakukan latihan-latihan fisik seperti aerobik atau berjalan, sehingga tidak mudah merasa lelah. Dan bahkan apabila seorang wanita melakukan olahraga dengan tingkat yang sama seperti yang dilakukan pria, wanita mungkin merasa seolah-olah mereka berolahraga lebih keras.

3.    Faktor Genetik

Pada tubuh pria dirancang secara alami dapat mengandung lebih sedikit lemak dan lebih banyak otot dibanding wanita karena pada tubuh pria adanya hormon testosteron. Tetapi pada tubuh wanita terdapat hormon estrogen dimana bekerja untuk menjaga lemak pada tubuh wanita. Seperti diketahui dengan kelebihan lemak tersebut diperlukan untuk kebutuhan kalori ekstra yang diperlukan untuk kehamilan dan menyusui. Berdasarkan penelitian kisaran normal persentase lemak tubuh pada wanita adalah 18 % sampai dengan 25 %, sedangkan kisaran normal untuk pria adalah 12 % sampai dengan 20 %.

4.    Pria Lebih Cenderung Suka Olahraga

Seperti kita ketahui bersama bahwa banyak pria suka melakukan latihan kekuatan sedangkan wanita lebih sering mengabaikan kunci dari pembakaran lemak tersebut. Wanita sebagian besar merasa malas untuk melakukan olahraga dan latihan kekuatan. Berbanding terbalik dengan pria yang suka untuk berolahraga. Karena latihan kekuatan seperti halnya berolahraga tidak hanya membantu membangun otot tetapi juga akan memperkuat tulang.

5.    Wanita Cenderung Lebih Suka Karbohidrat dan Pria Lebih Suka Protein

Kebanyakan pria cenderung memiliki keinginan lebih besar pada protein sedangkan wanita memiliki keinginan yang lebih besar pada karbohidrat, dengan keadaan ini maka karbohidrat berubah menjadi lemak jauh lebih mudah daripada protein. Selain itu wanita merupakan pemakan yang lebih emosional dibandingkan pria,dimana seorang wanita sering makan dengan berlebihan hanya dikarenakan adanya pemicu emosi seperti misalnya suasana hati, stres, depresi dan perasaan rendah diri. Berbeda dengan pria yang tidak menghubungkan faktor emosional dengan makanan.

Nah, itulah beberapa faktor yang menyebabkan kenapa pria lebih mudah menurunkan berat badan di bandingkan wanita.

Leave a Reply