free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Rahasia Memiliki Umur Lebih Panjang

Setiap manusia yang hidup di bumi pasti menginginkan umur yang panjang, tentu saja karena hal ini adalah sifat naluriah sebagai seorang mahluk hidup. Untuk mendapatkan umur yang panjang tentu dapat di usahakan dengan berbagai cara, nah cara yang bisa Anda lakukan adalah seperti berikut ini :

1.    Hidup Lebih Teliti
Dalam sebuah penelitan yang dilakukan selama 80 tahun menemukan bahwa salah satu prediktor terbaik dari umur panjang adalah memiliki kepribadian yang teliti. Dimana para peneliti-peneliti tersebut mengukur atribut seperti perhatian terhadap detail dan ketekunan. Dan sebagai hasilnya para peneliti tersebut menemukan bahwa orang-orang yang teliti melakukan lebih banyak hal untuk melindungi kesehatan mereka dan membuat pilihan yang mengarah ke hubungan percintaan yang lebih kuat dan karir yang lebih baik akan berumur lebih panjang.

2.    Bertemanlah
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Australia menemukan bahwa orang lanjut usia yang suka bersosialisasi lebih kecil kemungkinanya untuk meninggal dalam periode 10 tahun dibandingkan dengan orang yang memiliki teman sedikit. Dan berdasarkan hasil analisa lain dari 148 penelitian tentang umur yang panjang dan pertemanan ternyata memberikan hasil yang sama. Nah, oleh karena itu perbanyak lah berteman dengan siapa pun di lingkungan Anda

3.    Berhenti Merokok
Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa dengan berhenti merokok dapat memperpanjang usia Anda, nah, dengan berhenti merokok mungkin akan sulit tapi ternyata akan memberikan kontribusi umur yang mengejutkan kepada Anda. Berdasarkan  sebuah penelitian selama 50 tahun di Inggris, Apabila seseorang berhenti merokok pada usia 30 maka dapat meningkatkan umur sebanyak 10 tahun. Apabila seseorang menghentikan kebiasaan merokok pada usia 40, 50, atau 60 tahun maka akan mendongkrak harapan hidup sebanyak 9, 6, atau 3 tahun. Jadi tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok mulai dari sekarang

4.    Lakukan Siesta (Tidur Siang)
Yang di maksud Siesta disini adalah tidur siang singkat setelah makan siang seperti yang ada dalam budaya Spanyol. Program Siesta ini sudah banyak di lakukan di banyak negara karena telah  terbukti secara ilmiah bahwa tidur siang dapat membantu hidup lebih lama. Dan berdasarkan sebuah penelitian baru-baru ini, dimana diikuti 24.000 peserta menunjukkan bahwa pelaku tidur siang rutin memiliki kemungkinan 37% lebih kecil untuk meninggal karena penyakit jantung daripada pelaku tidur siang yang sesekali saja. Karena menurut para peneliti tidur siang akan membantu jantung Anda dan menjaga hormon stres tetap rendah.

5.    Makan Seperti Orang Okinawa
Orang-orang Okinawa dari negara Jepang pernah memiliki harapan hidup terpanjang di dunia. Menurut para peneliti menghubungkan harapan hidup tersebut dengan diet tradisional daerah okinawa, yaitu dimana makan tinggi akan sayuran hijau dan kuning serta rendah kalori. Selain itu beberapa orang Okinawa membuat kebiasaan hanya makan 80% dari makanan yang ada di piring mereka. Tetapi seiring generasi mudanya yang menjauhi tradisi ini, maka harapan hidup di Okinawa telah menurun. Apabila Anda ingin berumur lebih panjang tidak ada salahnya untuk makan seperti orang okinawa ini.

6.    Menikah
Berdasarkan beberapa penelitian menyatakan bahwa orang yang menikah cenderung hidup lebih lama dibanding rekan-rekan mereka yang masih belum menikah. Hal ini mungkin dikarenakan adanya perbedaannya dukungan sosial dan ekonomi yang ada pada pernikahan. Sementara orang-orang yang bercerai atau janda dan duda  memiliki tingkat kematian lebih rendah daripada mereka yang belum pernah menikah.

7.    Mengikuti Kegiatan Keagamaan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakuakan menunjukan bahwa orang yang menghadiri kegiatan keagamaan cenderung hidup lebih lama dibandingkan orang yang tidak pernah menghadiri kegiatan keagamaan. Selain itu dalam sebuah penelitian yang dilakukan selama 12 tahun menyatakan bahwa orang di atas usia 65 tahun dan menghadiri acara keagamaan lebih dari sekali seminggu memiliki kadar protein kunci pada sistem kekebalan yang lebih tinggi dibandingkan kawan mereka yang tidak menghadiri acara keagamaan.

8.    Memaafkan
Ternyata dengan memaafkan dan melupakan dendam memiliki manfaat mengejutkan bagi kesehatan fisik Anda. Apabila adanya kemarahan kronis maka akan terkait dengan penurunan fungsi paru-paru, penyakit jantung, darah tinggi, stroke, dan penyakit lainnya. Sementara memaafkan kesalahan orang lain akan mengurangi kecemasan, menurunkan tekanan darah Anda, dan membantu Anda untuk bernapas lebih mudah. Manfaat ini cenderung meningkat seiring bertambahnya usia.

Demikian beberapa cara agar hidup lebih lama, semoga dengan cara di atas kita dapat mengambil pelajaran dan hikmah dari kehidupan kita di dunia.

Leave a Reply