free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Resep Bulgogi Makanan Lezat Korea

Walaupun Anda kurang tertarik dengan budaya K-Pop yang saat ini tengah mendunia tentu itu bukan suatu ukuran bagi anda untuk tidak mengenal makanan khas orang korea yang satu ini, Bulgogi. Atau bahkan mungkin Anda adalah bagian dari orang Indonesia yang sudah pernah mencicipinya? Rasanya yang lezat dan nikmat membuat sajian khas korea ini menjamur ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Kita bisa melihat, begitu banyak restoran korea di Indonesia bagai jamur di musim penghujan. Penasaran dengan rasanya? Ada cara jitu untuk mengetahuinya tanpa harus bingung memcari restaurant Korea, yaitu dengan membuatnya sendiri. Membuat Bulgogi sendiri dan menyajikannya untuk seluruh anggota keluarga dapat menjadi sesuatu yang luar biasa. Simak Resep Bulgogi Makanan Lezat Korea selengkapnya di bawah ini :

Dalam bahasa Korea, Bul ( 불 ) adalah api, dan Gogi ( 고기 ) adalah daging, jadi dapat disimpulkan Bulgogi adalah masakan berbahan dasar daging atau sejenis barbekyu yang berasal dari Korea. Bulgogi ini biasanya menggunakan daging sapi sirloin atau daging has dimana merupakan bagian daging yang paling bagus dari seluruh bagian sapi, berikut bahan-bahannya :

Bahan Bulgogi :Bulgogi
·    2 pon daging sirloin, lalu iris tipis
·    3 siung bawang merah, potong halus
·    3 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
·    1 buah bawang bombay, potong halus
·    2 sendok makan minyak wijen
·    1/2 sendok teh gula pasir
·    1/3 cangkir (2 sendok makan) kecap manis
·    2 sendok makan madu
·    Lada hitam secukupnya

Bahan Tambahan :
·    1 sendok makan gochujang
·    1/2 sendok makan minyak wijen
·    1 kepal daun selada

Cara Membuat Bulgogi :
Langkah pertama pada pisau bagian belakang, irislah bahan dengan tipis sampai empuk. Kemudian dengan mangkok berisi bahan tersebut campurkan semua dengan rata/tebal. Setelah itu tuangkan bumbu rendaman ke dalam daging tersebut dan campurkan sampai merata dengan menggunakan tangan. Jangan lupa pastikan daging tersebut harus sudah terlapis dengan bumbu rendaman tersebut. Kemudian bungkus dengan menggunakan plastik dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu masak daging dalam satu lapisan di meja Hibachi. Setiap daging yang dimasak harus sudah selesai, dan bagian luarnya berkaramel. Sementara itu di mangkok yang berbeda, gabungkan gula dan gochujang kemudian masukkan minyak wijen ke dalam campuran tersebut.

Sajikan daging dengan daun selada dan campuran gochujang.

Sajian Lezat Bulgogi Siap dinikmati. Selamat mencoba

Leave a Reply