free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Resep Es Pisang Ijo

Siapa tidak tahu es pisang ijo? Es pisang ijo ini sangat enak di santap saat cuaca sedang panas. Penasaran seperti apa resepnya?  Tetapi sebelum membahas mengenai resep minuman enak tersebut, simak dulu kandungan gizi dan manfaat buah pisang untuk tubuh kita. Kandunagn gizi pada buah pisang yang matang yaitu  mengandung  25,8 miligram, serat 0,7 gr, kalori 99 kalori, protein 1,2 gr, lemak 0,2 gr, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, Vitamin B 0,08 mg, Vitamin C 3 mg, besi 0,5 mg, air 72 gr dan vitamin A 44 RE.

Selain kandungan di atas ternyata buah pisang terdiri dari berbagai serat, protein, mineral, lemak, vitamin, karbohidrat, dan lain-lain. Jadi apabila Anda mengkonsumsi buah pisang saja, maka bisa dibilang Anda sudah mencukupi nilai gizi secara minimal. Setelah mengetahui banyaknaya nutrisi pada buah pisang tentu Anda lebih semangat untuk membuat es pisang ijo ini. Yuk, simak resepnya di bawah ini :

Bahan yang dibutuhkan untuk Es Pisang Ijo :

·    50 gram tepung sagu
·    1/2 tetes pewarna hijau
·    100 ml air daun suji
·    175 gram tepung beras, ayak terlebih dahulu
·    1/2 sendok teh garam
·    300 ml air
·    6 buah pisang raja matang

Bahan untuk bubur :

·    50 gram tepung beras
·    800 ml santan yang berasal dari kelapa parut
·    75 gram gula pasir
·    1 lembar daun pandan, lalu dilipat disimpulkan
·    1/4 sendok teh garam

Bahan Pelengkap :

·    100 ml Sirup rasa cocopandan yang siap pakai
·    100 ml susu kental manis
·    Es Serut

Cara Membuat Es Pisang Ijo :

Pertama masukkan air, air daun suji, pewarna hijau, tepung beras, dan garam lalu aduk sampai merata. Masak di atas api kecil sampai terlihat mendidih sambil terus diaduk-aduk. Perlu di ingat agar terus di aduk agar agar adonan tidak menjadi berbutir. Setelah itu kemudian angkat. Kemudian masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan kalis. Dan kemudian segera bagi adonan hingga menjadi 6 bagian. Bentuk bulat dan tipiskan hingga mencapai ukuran 1/2 cm.

Kemudian selimuti atau tutupi merata tiap pisang dengan menggunakan adonan tepung beras yang telah disiapkan sampai semua bagian pisang benar-benar tertutup secara rata. Lalu rebus pisang yang telah diselimuti adonan di dalam air yang mendidih sampai terlihat mengapung dan adonan dirasa sudah matang. Angkat dan tiriskan kemudian sisihkan.

Untuk membuat buburnya campurkan daun pandan dan garam, santan, tepung beras, gula pasir, lalu aduk hingga rata. Setelah diaduk kemudian jerang di atas api sedang sambil terus di aduk-aduk sampai adonan bubur kental. Setelah matang kemudian Angkat dan dinginkan.

Pisang ijo tadi kemudian dipotong-potong dan letakkan di atas piring saji. Lalu tuangkan bubur diatas piring. Jangan lupa tambahkan susu kental manis beserta es serut dan juga sirup. Dan sajikan. Es pisang ijo siap dinikmati.

Leave a Reply