free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Resep Gurame Goreng Cabai Hijau

Sebagai salah satu golongan ikan konsumsi, ikan gurame banyak disukai dan dinikmati para pencinta kuliner. Selain dagingnya yang empuk dan terkenal memiliki citarasa yang tinggi dan termasuk ke dalam salah satu “luxurius food”, ikan gurame juga memiliki kandungan gizi yang banyak yang berguna untuk tubuh. Pada ikan gurame mengandung kadar protein yang sangat tinggi yaitu kisaran 19% protein dan kandungan lemak yang rendah hanya 2,2%. Dan kandungan lain sekitar 70% terdiri dari vitamin, serat, dan air. Protein pada ikan gurame ini memiliki fungsi utama sebagai pembentuk jaringan baru dan mempertahankan jaringan yang ada pada tubuh sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit degenerative seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan kanker.

Sajian makanan yang berbahan dasar ikan gurame memang banyak disukai, cara pengolahan ikan yang mudah menjadi alasannya. Nah, pada resep kali ini, Anda dapat menyajikan ikan gurame goreng dengan tambahan cabai hijau. Yuk simak cara pembuatan resep Gurame goreng cabai hijau di bawah ini:

Bahan yang disiapkan:
·    1 ekor ikan gurame, bersihkan
·    300 gram tepung bumbu yang siap pakai
·    1 liter minyak goreng
·    5 siung bawang putih, lalu haluskan
·    Garam secukupnya
·    Merica bubuk secukupnya

Bumbu cabai hijau:
·    10 buah cabai hijau
·    3 siung bawang putih
·    2 buah tomat hijau
·    5 buah bawang merah
·    2 Sdm minyak goreng untuk menumis
·    Garam secukupnya
·    Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Gurami Goreng cabai Hijau:

Pertama lumuri ikan gurame dengan bawang putih, garam dan merica. Kemudian aduk hingga rata, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah bumbu tadi meresap lalu masukan dan gulingkan ikan diatas tepung bumbu hingga merata. Kemudian goreng ikan dalam minyak panas dan banyak sehingga seluruh daging ikan masuk ke dalam minyak, tunggu sampai ikan kering dan berubah warna kekuningan. Angkat dan tiriskan.

Sementara itu semua bumbu cabai hijau tadi direbus selama 5 menit, angkat dan tiriskan. Kemudian tumbuk kasar bumbu dan sisihkan.

Lalu panaskan 2 sendok makan minyak goreng, tumis bumbu hijau hingga harum kemudian tambahkan garam dan juga gula pasir, lalu masak hingga matang. Angkat

Letakkan ikan gurami goreng dalam piring saji lalu tuang sambal cabai hijau diatasnya. Sajikan hangat.

Leave a Reply