free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Resep Kue Lapis Legit Kukus

Kue lapis legit adalah kue yang sejak dahulu terkenal membutuhkan ketelitian dalam proses pembuatannya, hal ini tentu saja karena kue lapis memiliki banyak lapisan. Dan dalam setiap lapisan kuenya menggunakan cara memasak yang berbeda. Dengan tujuan agar permukaan kue lembut dan kering tetapi tidak menjadi hangus. Lapis legit biasa disebut dengan “Layer Cake” yang artinya adalah kue berlapis-lapis yang disajikan dengan aroma butter yang harum. Kali ini kita akan membahas tentang resep kue lapis legit kukus, kue lapis legit kukus ini tidak seperti kue lapis legit biasa yang di panggang di oven, resep kali ini lebih mudah dan sederhana pembuatnnya, tetapi tidak akan mengurangi kelezatan rasa kue lapis legit itu sendiri. Pembuatan kue lapis legit ini tidaklah terlalu sulit hanya diperlukan sedikit ketelatenan dan kesabaran karena kue harus kukus selapis demi selapis.

 Bahan yang di perlukan  :

·    30 butir telur
·    600 gram gula pasir
·    150 gram gula palem
·    3 sendok makan emulsifier
·    600 gram tepung terigu protein sedang
·    120 gram tepung maizena
·    2 sendok makan bumbu spekuk
·    450 gram margarin, dilelehkan
·    1 1/2 sendok teh garam
·    180 ml susu cair
·    60 gram cokelat bubuk, diayak untuk taburan

Cara membuat  :

Pertama-tama kocok telur kemudian gula pasir, gula palem, dan emulsifier. Kocok terus hingga mengembang. Setelah itu tambahkan tepung terigu, tepung maizena, dan bumbu spekuk sambil diayak terlebih dahulu agar terhindar dari bahan yang menggumpal. Kemudian aduk rata kembali. Lalu masukkan margarin yang telah dilelehkan, garam, dan juga susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan perlahan.

Sementara itu Ambil 60 gram adonan lalu tuang di loyang ukuran  24x10x7 cm sebelumnya telah diolesi margarine dan dialas dengan kertas roti. Lalu kukus selama 5 menit dan ayak tipis adonan dengan cokelat bubuk. Setelah itu ambil 60 gram adonan lagi, tuangkan kembali di atas adonan, lalu kukus selama 5 menit lagi dan ayak tipis dengan cokelat bubuk kembali. Lakukan terus seperti itu sampai adonan habis. Untuk adonan terakhir kukus selama 10 menit.

Angkat dan potong kue sesuai selera. Sajikan kue lapis legit kukus ini selagi hangat. Kue lapis legit kukus siap dinikmati.

Leave a Reply