free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Resep Kue Pukis Pandan

Siapa yang tidak tahu kue pukis? Ya, Kue jajanan pasar ini memang sangat digemari banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, hal ini dikarenakan kue pukis memiliki cita rasa yang manis dan dengan olahan tepung yang dipadu dengan ragi dan santan membuat kue ini sangat enak, lembut dan enak untuk dinikmati. Rasanya yang khas, membuat siapa saja yang memakannya pasti merasa ketagihan. Kue pukis adalah makanan tradisional indonesia yang berasal dari jawa. Bahan-bahan kue pukis terdiri dari berbagai macam campuran,tak jauh beda dengan bahan untuk membuat kue bolu, tetapi sangat berbeda dalam proses pembuatannya. Karena Adonan kue pukis dituangkan kedalam loyang atau cetakkan khusus, dimana bentuknya hampir mirip seperti bentuk bulan sabit. Untuk mendapatkan citarasa yang baru dari kue pukis, kali ini kita akan mencoba membuat Kue Pukis Pandan. Selain rasanya enak juga akan tercium wangi dari aroma pandan. Simak resepnya di bawah ini:

Bahan Kue Pukis Pandan :
·    250 gram tepung terigu dengan protein tinggi
·    4 butir telur
·    250 ml susu cair
·    150 gram gula pasir
·    1 sdt esens pandan
·    2 tetes pewarna hijau atau bisa juga daun pandan yang dihaluskan dan di ambil airnya
·    ½ sdm ragi instan

Bahan Tambahan :
·    Meises, keju, kismis, kacang tanah cingcang atau sesuai selera

Cara Membuat Kue Pukis Pandan :
Pertama- tama kocok telur dan gula pasir hingga rata dan mengembang. Kemudian masukkan tepung terigu yang sudah diayak dan tidak ada gumpalan bersama dengan ragi instan sambil dikocok perlahan, lalu masukkan susu cair dan aduk himgga rata. Lalu tambahkan esense pandan dan juga pewarna hijau. Setelah semua bahan di aduk rata, biarkan dan diamkan adonan kurang lebih 30 menit.

Sementara itu panaskan cetakan kue pukis yang sudah diolesi margarin. Lalu tuang adonan setinggi ¾ cetakan. Taburkan bahan tambahan seperti meises, kismis, keju, coklat, kacang atau sesuai selera Anda. Lalu tutup cetakan dan angkat setelah dirasa matang.  Sajikan selagi hangat.

Kue pukis pandan ini bisa disajikan pada sore tau malam hari, dan dinikmati dengan segelas teh atau kopi. Dijamin Anda pun pasti ketagihan dengan rasa kue pukis pandan ini.

Leave a Reply