free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Resep Kue Sus

Kue Sus adalah salah satu kue basah yang paling banyak disukai karena rasanya yang enak. Kulitnya yang renyah dipadu dengan Vla yang lembut di dalamnya memberikan cita rasa tersendiri. Cara membuat kue sus ini pun terbilang simple dan sederhana. Kue sus sangat pas apabila dinikmati bersama kopi panas, atau sambil minum teh, karena kue sus ini tekstur kulitnya sangat lembut dengan isi vla yang lumer dilidah. Pasti semua anggota keluarga suka jika disajikan sajian kue sus ini.

Bahan Kulit Kue Sus :
·    125 gram tepung terigu protein sedang
·    4 butir telur ayam
·    125 gram margarin
·    250 ml air
·    1/4 sdt baking powder
·    1/2 sdt garam halus

Bahan Vla Kue Sus :
·    2 butir kuning telur
·    300 ml susu tawar cair
·    4 sdm tepung maizena
·    75 gram gula pasir
·    2 sdm tepung terigu
·    1/4 sdt pasta vanili
·    1 sdm mentega
·    1 sdm rum
·    1/4 sdt garam

Cara Membuat Kue Sus:
Pertama-tama didihkan air kemudian masukkan margarin dan garam lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu masukkan tepung terigu perlahan-lahan sambil terus diaduk sampai dengan terbentuk adonan yang rata, kental, licin, dan kalis atau tidak lengket di panci. Kemudian angkat dan diamkan.

Setelah adonan menjadi hangat lalu masukan baking powder dan telur satu persatu sambil terus diaduk sampai semua adonan tercampur rata. Kemudian tuang adonan ke dalam plastik berbentuk segi tiga / piping bag yang bagian ujungnya telah diisi dengan sepuit bintang. Kemudian semprotkan adonan ke atas loyang yang sudah di oles margarin. Lalu panggang adonan yang sudah dibentuk ke dalam oven yang bersuhu 200 derajat celcius hingga kue mengembang, matang dan berwarna kuning kecokelatan. Lalu angkat dan sisihkan. Setelah kue dingin potong sisi kue.

Cara Membuat Vla Kue Sus :
Pertama-tama larutkan tepung maizena, tepung terigu, gula dan garam dengan susu tawar cair, dan aduk terus hingga rata. Lalu masak adonan sampai mendidih kemudian mengental dan matang. Lalu angkat dan sisihkan. Saat adonan masih panas, tambahkan mentega, vanili, kuning telur dan juga rum. Aduk sampai adonan vla rata. Lalu dinginkan. Setelah Vla dingin siap digunakan untuk bahan isi kue sus.

Tips Membuat Kue Sus Vla :
1. Ketika adonan masih di atas perapian atau adonan masih panas jangan memasukan telur. Karena bisa jadi adonan menjadi tidak akan mengembang disebabkan telur menjadi matang saat dimasukkan. Sebaiknya masukan telur ketika adonan sudah hangat atau suam-suam kuku.
2. Jangan pernah membuka oven ketika adonan belum mengembang sempurna dan kokoh. Hal ini dikarena apabila ada perubahan suhu secara drastis ketika oven dibuka akan mengakibatkan adonan turun dan menjadi bantat.

Nah, bagaimana? Mudahkan cara pembuatannya. Kue sus juga bisa dikreasikan dengan campuran bahan lain pada vlanya. Bisa tambahan rasa pandan, coklat atau ditambahkan irisan buah segar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Leave a Reply