free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Resep Masakan Jepang Okonomiyaki

Masakan jepang memang enggak ada matinya, terbukti dengan banyaknya restoran jepang yang menjamur di Indonesia. Salah satu resep andalan ala jepang adalah okonomiyaki. Okonomiyaki adalah adalah makanan Jepang yang terbuat dari bahan tepung terigu yang diencerkan dengan air atau dashi, kemudian ditambah telur ayam, kol atau daging babi dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan.Nah, bagi Anda yang muslim sebaiknya hindari tambahan daging babi didalamnya.

Okonomiyaki merupakan salah satu jenis masakan dari teppanyaki yang bisa dimakan begitu saja sebagai cemilan atau sebagai lauk teman nasi putih. Biasanya Okonomiyaki akan disantap dan dinikmati dengan menggunakn sendok datar yang disebut kote (hera) dimana  berfungsi juga sebagai sodet sewaktu membalik okonomiyaki tersebut.

Dalam bahasa jepang sendiri, okonomi berarti “suka-suka” atau makanan yang disuka, yang diinginkan dan yaki berarti “panggang” dimana istilah menggoreng hanya digunakan di Jepang abila makanan tersebut digoreng dengan minyak yang sangat banyak. Jadi sesuai dengan namanya pada lapisan atas atau topping okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera Anda sebagai orang yang mau memakannya. Wah sangat menarik bukan? Yuk simak resep pembuatan okonomiyaki ini :

Bahan- bahan Okonomiyaki :
·    8-10 Sdm Tepung terigu protein
·    3 Butir Telur ayam
·    2 Buah Ubi berwarna kulit merah, dan dalamnya putih, diparut
·    1 Buah Kubis, iris tipis
·    1 Sdt Tepung Maizena
·    1 Buah Bawang bombay, iris tipis
·    ¼ kg Udang kupas, bersihkan dan rendam selama 5 menit
·    ¼ kg Daging Sukiyaki, bisa berbentuk lembaran lalu  dipotong kecil-kecil

Bahan Tambahan :
·    Mayonaise
·    KATUOBETSU (irisan cumi kering, bs dibeli di papaya)
·    AONORI Nori atau rumput laut yg berbentuk serbuk
·    Air putih secukupnya
·    Shoyu
·    Butter, garam dan merica secukupnya

Cara Membuat Okonomiyaki:
Pertama-tama semua bahan dimasukkan mangkok, dicampurkan dan diaduk-aduk. Sementara itu siapkan Fry pan yg sudah dipanaskan terlebih dahulu, kemudian masukan butter dan masukan campuran adonan tadi, apabila satu sisi sudah kering dan matang maka bisa di balik, sebelum membalik lapisi dengan Mayonaise sampai merata diseluruh permukaan, lalu tabur Katsuobetsu dan Aonori. Angkat dan siram dengan shoyu. Sajikan hangat

Untuk isi okonomiyaki dapat diganti sesuai selera dimana bahannya seperti baso, sosis, jagung manis yang dipipil, ditambah sauce sesuai selera. Selamat mencoba

Leave a Reply