free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Resep Membuat Dorayaki

Semua pasti tahu kue dorayaki. Ingat dorayaki pasti ingat tokoh kartun Doraemon kan? Ya si kucing ajaib dari negeri sakura. Si kucing ajaib Doraemon sangat suka makan kue Dorayaki tersebut. Dorayaki adalah salah satu kue tradisional jepang atau wagashi yang berbentuk lempengan bundar yang di dalamnya diisi selai kacang merah.  Selain dengan selai kacang merah, dorayaki juga dapat diisi dengan campuran keju, coklat atau bahan lain tergantung selera. Kue dorayaki masih sulit untuk di dapatkan di daerah sekitar kita. Tapi jika Anda tertarik untuk mencicipi rasanya. Coba resep membuat Kue Dorayaki di bawah ini:

 Bahan kulit dorayaki:
·    2 butir telur ayam
·    130 gram tepung terigu
·    1 sendok makan madu
·    80 gram gula halus, dan
·    ½ sendok teh baking soda yang dilarutkan dalam 50 ml air

Bahan isi dorayaki:
·    150 gram selai kacang merah
·    ½ sendok makan gula pasir
·    50 ml whipping krim

Cara membuat kulit Dorayaki :
Pecahkan 2 butir telur yang telah disiapkan, lalu masukan kedalam mangkok adonan, kocok dengan perlahan selama 1-2 menit. Saat mengocok telur tidak usah menggunakn mixer cukup dengan sendok biasa. Setelah agak mengembang tambahkan gula tepung dan madu kedalam kocokan  telur, kocok perlahan selama 3 menit sampai semua adonan larut dan campuran menjadi kental. Setelah itu baru tambahkan baking soda yang telah dilarutkan dalam air dan aduk hingga rata. Lalu tambahkan juga tepung terigu, saat menambahkan tepung terigu saring terlebih dahulu dengan menggunakan saringan halus untuk memastikan tidak ada gumpalan tepung, dan aduk campuran secara perlahan sampai semua terigu tercampur sempurna. Lalu tutup adonan Dorayaki tersebut menggunakan plastik warp dan diamkan selama 30 menit dalam suhu ruangan.
Ukur kekentalan campuran adonan tadi, jika dirasa terlalu kental tambahkan 1 sampai 2 sendok air hingga kekentalan adonan menyerupai adonan martabak. Sementara itu panaskan Teflon diatas api sedang sampai suhu kira-kira mencapai 170 derajat Celcius. Dan oleskan minyak kelapa pada permukaan teflon menggunakan kuas khusus atau kain bersih. Lalu tuangkan adonan diatas Teflon dengan diameter kira-kira 3,5 inchi. Setelah terlihat gelembung pada adonan, balikan adonan dan biarkan selama 20 detik, angkat dan dinginkan.

Cara membuat isi:

Campurkan bahan berupa whipping krim dengan ½ sendok gula pasir dalam mangkok kecil, kemudian aduk menggunakan mixer selama 2-3 menit dengan kecepatan tinggi. Setelah itu tambahkan selai kacang merah dan aduk hingga rata.

Cara penyajian :

Ambil satu kulit dorayaki, lalu tambahkan bahan isi dan ratakan diatas permukaan kulit dorayaki lalu tutup dengan kulit yang lain. Untuk merekatkan kedua bagian kulit dorayaki tekan-tekan dengan menggunakan tangan. Dan sajikan selagi hangat.

Rekomendasi Kami:

Cara Cepat Hamil

Leave a Reply