free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Resep Orange Cup Cake

Siapa tidak suka buah jeruk, selain rasanya yang enak buah jeruk juga sangat menyegarkan. Selain itu ternyata buah jeruk sendiri kaya akan manfaat seperti kandungan vitamin C pada jeruk yang  bermanfaat untuk menurunkan resiko serangan kanker usus besar,  hal ini tentu saja dikarenakan jeruk bisa membantu mengusir radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan DNA. Selain itu buah jeruk juga mengandung Antioksidan yang dapat bekerja efektif untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dengan banyaknya manfaat dari buah jeruk itu sendiri, kali ini yuk coba membuat cup cake dari jeruk, selain rasanya enak pasti juga terasa segar di mulut. Simak resep orange cup cake di bawah ini :

Bahan Orange Cup Cake:
·    75 g gula pasir
·    200 ml yoghurt tawar
·    50 ml sirop jeruk kental, siap pakai
·    100 g mentega tawar
·    2 butir telur ayam
·    2 sdm cointreau

Bahan yang Diayak Bersama:
·    2 sdm kulit jeruk potong parut, dari 2 buah jeruk potong
·    175 g tepung terigu serbaguna
·    ½ sdt garam
·    1 sdt baking powder

Topping, aduk rata:
·    2 sdm yoghurt tawar
·    100 g cokelat masak putih, lelehkan
·    2 sdm cointreau

Untuk Hiasan:
·    12 lembar daun mint
·    24 buah jeruk mandarin kalengan, tiriskan
·    1 sdm hiasan berbentuk pita dari kulit jeruk orange

Cara Membuat Orange Cup Cake:
Untuk cake langkah pertama adalah dengan mengocok mentega dan gula pasir hingga lembut, kemudian masukkan telur ayam satu per satu, sambil terus dikocok hingga merata. Setelah itu masukkan yoghurt tawar dan sirop jeruk, lalu aduk rata kembali. Setelah itu baru tambahkan campuran tepung sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk rata.

Setelah itu adonan di tuangkan ke dalam cup kertas berbentuk bulat diameter 6 cm hingga 3/4 tinggi. Lalu panggang di dalam oven dengan panas bersuhu 180° C selama 30 menit, setelah matang lalu angkat dan dinginkan.

Setelah cup cake dingin perciki seluruh permukaan cupcakes dengan cointreau hingga rata, lalu sisihkan. Setelah itu tuang 2 sdm bahan topping di atas permukaan cupcakes, diamkan hingga membentuk seperti lelehan es krim. Kemudian baru letakkan bahan hiasan di atasnya. Dan sajikan

Catatan : Cointreau adalah sejenis minuman beralkohol yang terbuat dari campuran kulit jeruk. Biasanya digunakan untuk membuat dessert. Dijual dalam kemasan botol kaca.

Leave a Reply