free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Resep Puding Lapis Ceria

Sajian puding memang tidak ada habisnya dimana selalu menjadi menu favorit keluarga Anda, kali ini sajian puding tidak hanya manis dan enak tetapi memiliki tampilan yang cantik, dimana tentu dapat meningkatkan selera Anda untuk segera mencicipinya. Yuk, simak cara membuat Puding Lapis Ceria berikut ini :

Bahan Puding Lapis Ceria :
·    2 bungkus agar-agar bubuk
·    2.000 ml air
·    300 gram gula pasir
·    1 1/2 sendok teh jeli instan atau kurang lebih 6 gram
·    1/4 sendok teh pewarna kuning tua
·    1/4 sendok teh pewarna merah cabai
·    3 tetes pewarna hijau tua
·    2 tetes esens stroberi
·    2 tetes esens melon
·    2 tetes esen jeruk

Bahan Untuk Saus Puding lapis Ceria :
·    25 gram gula pasir
·    250 ml susu cair
·    1/8 sendok teh pasta vanila
·    2 sendok teh maizena dilarutkan dalam 2 sendok teh air
·    1 kuning telur

Cara Membuat Puding Lapis Ceria:
Untuk membuat puding langkah pertama adalah merebus air bersama agar-agar bubuk, jeli instan, dan juga gula pasir sambil terus diaduk rata sampai mendidih. Setelah itu angkat dan bagi menjadi 2 bagian. Lalu satu bagian tersebut dibagi lagi menjadi 3 bagian. Pada satu adonan diberi pewarna merah dan esens stroberi kemudian aduk rata. Satu adonan lagi diberi pewarna hijau dan esen melon aduk rata kembali. Dan sisa pada adonan 1 lagi diberi pewarna kuning dan esens jeruk dan aduk rata. Untuk sisanya biarkan dalam keadaan bening.

Pertama tuangkan puding merah dalam cetakan dan biarkan sampai setengan membeku. Lalu tuangkan puding berwarna bening dan biarkan setengah membeku juga. Setelah itu tuang puding hijau dan biarkan setengah membeku juga. Lalu tuang puding bening, biarkan setengah membeku lalu tuang adonan berwarna kuning dan biarkan setengah beku. Terus lakukan secara berselang seling sampai semua adonan puding habis. Yang perlu di ingat adalah, saat menunggu bagian lain membeku selalu panaskan terlebih dahulu sisa puding yang akan dilapiskan kembali.

Untuk membuat saus puding lapis ceria langkah pertama adalah dengan merebus susu cair dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih kemudain masukkan larutan maizena. Dan masak sampai meletup-letup sambil terus di aduk. Dan matikan api. Lalu ambil sedikit rebusan susu kemudian tuangkan ke kuning telur dan aduk rata. Lalu tuang kembali ke rebusan susu sambil diaduk cepat dan nyalakan api kembali. Aduk lagi sampai adonan saus meletup-letup. Jangan lupa tambahkan pasta vanila lalu aduk rata dan angkat.
Sajikan puding yang telah di potong, dengan memberikan saus di atasnya.

Tips saat melapis agar-agar selalu usahakan supaya agar-agar yang dituang benar-benar panas agar lapisan tidak lepas dan menempel satu sama lain. Sajian puding lapis ceria siap dinikmati bersama seluruh anggota keluarga, selamat mencoba

Leave a Reply