free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Resep Rendang Daging Sapi

Rendang daging sapi adalah masakan asli Indonesia, masakan ini berasal dari daerah Padang. Rendang daging sapi ini biasanya di sajikan pada acara pesta atau perayaan hari besar seperti idul adha atau pun idul fitri. Selain itu resep rendang daging sapi ini cocok disajikan pada acara makan-makan bersama seluruh anggota keluarga besar. Tapi jika disajikan sebagai menu sehari-hari pun tentu akan menambah semangat saat waktu makan tiba. Resep rendang daging sapi memang sudah sangat populer dan banyak diajarkan cara pembuatannya secara turun-temurun. Nah jika Anda ingin tahu lebih lengkap tentang resep rendang yang terbuat dari bahan dasar danging sapi ini, ikuti resepnya seperti di bawah ini :

Bahan Rendang Daging Padang :
·    1 ½ kg daging sapi
·    2 biji asam kandis
·    12 gelas santan dari 3 butir kelapa
·    2 lembar daun jeruk purut
·    1 batang serai, memarkan
·    Garam secukupnya
·    1 lembar daun kunyit

Bumbu yang Haluskan:
·    6 siung bawang putih
·    5 buah kemiri
·    1 ons cabe merah
·    2 cm jahe
·    15 buah bawang merah
·    3 cm laos, untuk laos tidak perlu dihaluskan, cukup dengan di keprak saja

Cara membuat rendang daging padang :
Pertama daging dipotong-potong dengan ukuran sesuai keinginan dan selera Anda.  Di dalam wajan yang berbeda, rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan ditambah daun-daun dan juga asam kandis. Jangan lupa aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Apabila sudah mulai keluar minyak maka masukan potongan-potongan daging sapi tersebut. Aduk dan masak daging sapi dengan api sedang. Apabila ingin dihitamkan dagingnya maka kecilkan apinya.
Angkat dan sajikan dengan nasi putih hangat

Tips Dalam Membuat Rendang Daging :
·    Pada 1kg daging dibutuhkan kelapa 3 butir untuk dibuat santan kental, jadi apabila 1,5 kg daging sebaiknya 5 butir kelapa.
·    Sebaiknya tambahkan 3 lembar daun salam, serai ditambah jadi 2 batang, daun jeruk ditambah menjadi 4 lembar
·    Saat memasak rendang tambahkan 2 sdm kelapa parut sangrai yang sudah digiling halus sampai keluar minyak saat memasak daging tadi.
·    Tambahkan sedikit gula, jika Anda suka
·    Agar bumbu meresap ke dalam daging, sebaiknya daging diungkep dulu bersama dengan semua bumbu & daun, setelah air dagingnya kering baru masukan santan, diaduk terus sampai mendidih. Lalu kecilkan api dan  masak sampai bermiyak (hitam) dengan sekali-sekali diaduk agar tidak lengket dan juga matangnya merata.
·    Memeras santan untuk rendang, sebaiknya perasan pertama jangan ditambahkan air dulu. Maka peras kelapa dengan menggunakan kain / serbet khusus agar patinya keluar.
Itulah resep dan tips membuat rendang daging sapi. Selamat Mencoba

Leave a Reply