free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Resep Tempura

Makanan khas jepang, memang selalu jadi pilihan keluarga. Seperti sushi, bento, teppanyaki, serta udon. Dan ada satu lagi yang tidak ketinggalan yang menjadi kesukaan keluarga yaitu tempura. Tempura adalah salah satu makanan Jepang dengan komposisi sayuran dan ikan dibalut dengan tepung tempura, kuning telur, dan tepung terigu, kemudian digoreng secara deep fry. Bahan yang dipakai untuk tempura biasanya wortel, bawang bombay, daun mitsuba, udang, cumi-cumi, hingga kulit salmon. Sehingga tidak aneh lagi kalau rasanya sangat enak dan crunchy.

Sajian tempura bisa dinikmati sebagai camilan atau teman makan nasi. Sepiring nasi putih hangat akan sangat lezat apabila dinikmati dengan tempura. Nah, sekarang tidak perlu repot-repot lagi pergi ke rumah makan jepang, kini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Simak cara membuat tempura di bawah ini :

Bahan-bahan untuk Tempura :
·    1 kg Tepung tempura
·    1 kg kuning telur
·    1 kg udang cerubung
·    Air es 500 – 600 mililiter
·    Tepung terigu secukupnya
·    Minyak goreng

Saus Tempura
·    100 mililiter Ikomasoyu
·    1 Sdt Powder Fondasi
·    400 mililiter Air
·     Mirin atau bisa diganti air gula 100 mililiter

Cara Membuat Tempura:

Pertama cuci bersih udang cerubung lalu potong kepalanya, lalu ambil kulit dan buntut kecilnya. Setelah itu kerat-kerat punggungnya. Kemudian gulungkan udang ke tepung terigu sambil terus dipencet-pencet agar tepung menempel. Setelah dirasa tepung menempel dan merata celupkan udang ke adonan kuning telur yang dicampur tepung tempura dan air es. Proses ini agar membalut udang sehingga menempel dengan tepung lebih baik.

Panaskan minyak goreng dengan temperatur 100 – 200 celcius di wajan berukuran sedang.
Lalu udang yang telah dilumuri adonan tepung tempura tadi segera dimasukkan ke dalam wajan, jangan lupa buat juga bunga-bunga dari adonan tepung tempura, agar hasilnya crispy.

Goreng hingga tepung tempura keras, jika masih lembek berarti belum matang. untuk memastikan tempura sudah matang atau belum tusuk dengan menggunkan garpu. Apabila sudah dirasa matang, angkat, dan tiriskan. Sementara itu campurkan semua bahan saus tempura dan sisihkan.

Sajikan tempura dengan sajian saus tempura yang lezat. Selamat Mencoba

Leave a Reply