free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Resep Tumis Jantung Pisang

Mungkin Anda sering melihat jantung pisang disekitar rumah Anda yang hanya dibiarkan begitu saja, atau mungkin Anda sering melihat di tukang sayur langganan, tetapi karena tidak tahu mengolahnya maka Anda tidak pernah membelinya. Melihat kondisi jantung pisang yang mulai dilupakan sebagai bahan makanan, tentu sangat memprihatinkan karena melihat masa lalu dimana masakan jantung pisang menjadi makanan favorit dan bahkan ternyata mengandung banyak gizi.

Jantung pisang mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral terutama fosfor, kalsium dan zat besi maupun vitamin seperti beta karotin (pro vitamin A), Vitamin B1 dan C dan juga mengandung serat yang cukup tinggi. Selain itu jantung pisang juga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet lemak karena rendah lemak dan memberi rasa kenyang lebih lama, hal ini dikarenakan oleh kandungan seratnya yang cukup tinggi. Seseorang yang menderita penyakit diabetes juga bisa memakan jantung pisang karena indeks glikemik (GI) nya rendah. Jantung pisang juga dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung dan stroke karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan bersifat antikoagulan.
Karena banyaknya kandungan nutrisi pada jantung pisang, yuk simak resep sajian jantung pisang yang lezat di bawah ini :

Bahan-bahan Tumis Jantung Pisang  :
·    1 Buah jantung pisang.
·    4 siung Bawang merah
·    2 siung Bawang putih
·    2 buah Cabe rawit
·    Terasi dan garam secukupnya
·    Perasan Jeruk Limau
·    Minyak goreng untuk menumis.

Cara membuat Tumis Jantung Pisang:

Langkah pertama adalah bersihkan bagian jantung pisang dengan  cara mengelupaskan lapisan terluarnya hingga tertinggal lapisan yang berwarna gading dan bersihkan. Kemudian belah jantung pisang menjadi 2 bagian lalu iris tipis-tipis. Karena biasanya jantung pisang yang umum diperjual belikan adalah jenis jantung dari pisang batu maka kadang-kadang akan terasa sedikit pahit, untuk itu sebaiknya rebus dahulu irisan jantung pisang tersebut. Setelah direbus kemudian peras hingga airnya keluar.

Sementara itu iris bumbu untuk tumisan seperti bawang merah, bawang putih dan cabe rawit. Kemudian tumis bumbu dan tambahkan sedikit terasi dan  masukkan irisan jantung pisang. Setelah itu tambahkan garam dan air perasan jeruk limau secukupnya. Aduk sampai merata dan tercium bau harum. Angkat dan sajikan. Hidangkan dengan nasi putih hangat.

Semoga sajian tumis jantung pisang ini menjadi menu yang berbeda dan disukai seluruh keluarga. Dan membuat Anda tidak bosan selalu menyajikan menu yang itu-itu saja, selamat mencoba

Rekomendasi Kami:

Cara Cepat Hamil

Leave a Reply