free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Sedang Hamil Muda? Konsumsi Buah Semangka

Manis, menyegarkan, berair, berwarna merah dan memiliki biji yang kecil-kecil pastilah semua tahu bahwa itu merupakan ciri dari buah semangka. Siapa yang tidak tahu buah semangka. Ya, buah yang banyak di jumpai ini ternyata merupakan buah yang baik di konsumsi ibu hamil. Khususnya ibu yang sedang hamil muda. Buah semangka atau buah tembikai memiliki nama ilmiah Citrullus lanatus, yang mana merupakan suku ketimunketimunan atau Cucurbitacea. Tanaman yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan ini merupakan buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi, yakni sekitar 90 %. Maka dari itu buah semangka sangat cocok dikonsumsi pada siang hari di saat matahari bersinar terik sebagai buah pelepas dahaga, tentunya cocok juga untuk ibu hamil muda.

Perkembangan buah semangka saat ini sudah berkembang pesat, buah semangka tidak saja berwarna merah, ada juga daging buahnya yang berwarna kuning, selain itu ada juga buah semangka yang tanpa biji, sehingga membuat kita lebih enak mengkonsumsinya. Dalam 100 gram buah semangka mengandung energi sebesar 28 kilokalori, protein 0,5 gram, karbohidrat 6,9 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 7 miligram, fosfor 12 miligram, dan zat besi 0 miligram.  Kandungan lain yang sangat baik untuk ibu hamil yakni kandungan vitamin A sebanyak 590 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 6 miligram.  Dengan banyaknya nutrisi dan vitamin ini maka ibu hamil jangan ragu untuk mengkonsumsi buah semangka

Khasiat buah semangka untuk ibu hamil sangat beragam, selain karena kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya, kesegaran buah semangka mampu meringankan gejala morning sickness yang di alami ibu hamil. Bahkan dalam banyak penelitian menyatakan bahwa buah semangka sama sekali tidak berbahaya untuk ibu hamil, nah untuk mengetahui khasiat apa saja dari buah semangka untuk ibu hamil, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

  1. Kandungan airnya yang banyak maka berguna untuk penambah cairan tubuh.
  2. Ampuh untuk mengurangi gejala morning sickness pada kehamilan trimester pertama.
  3. Dapat mengurangi mual-mual dan juga muntah
  4. Dapat meringankan gejala heartburn pada perut ibu.
  5. Dapat mencegah terjadinya kram otot pada kehamilan trisemester pertama.
  6. Nutrisi pada buah semangka dapat membantu dalam perkembangan kesehatan pada janin, terutama pada bagian otak, penglihatan, otot dan sistem imunitas.
  7. Dapat mengurangi resiko terjadinya preeclampsia sampai dengan 50% pada ibu hamil.

Selain manfaat di atas ternyata dengan banyaknya kandungan air pada buah semangka, dapat membuat kulit ibu yang sedang hamil lebih elastis, lebih sehat da lebih segar. Seperti kita tahu bahwa saat kehamilan tentu bayak masalah kulit yang di temukan pada wanita hamil, Dan dengan mengkonsumsi buah semangka dapat mengurangi semua masalah pada kulit tersebut, dan sebaliknya akan membuat kulit semakin sehat. Itulah beberpa khasiat buah semangka yang sangat baik jika di konsumsi oleh wanita hamil, apalagi yang sedang hamil muda. Semoga informasi ini dapat menjadi bahan referensi untuk kehamilan sehat Anda. Selamat mencoba

Leave a Reply