free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Sesakit Apakah Melahirkan?

Persalinan atau melahirkan merupakan akhir dari masa kehamilan dimana ibu akan mengeluarkan bayi yang telah di kandungnya selama 9 bulan. Lalu sesakit apakah melahirkan itu? Besarnya rasa sakit saat melahirkan memang bersifat sangat individual karena hanya dirasakan oleh yang melahirkan itu sendiri. Ketakutan rasa sakit saat melahirkan memang hal yang sangat wajar. Dimana rasa sakit yang ditimbulkan saat persalinan yakni saat otot-otot di daerah rahim akan berkontraksi untuk membuka jalan lahir bagi si bayi. Dimana saat seorang ibu mengalami kontraksi, maka otot akan mengerut kencang sehingga menghambat aliran darah di dalamnya. Anda ingin tahu rasanya? Munculnya rasa nyeri dan sakit yang ditimbulkan oleh kontraksi otot rahim kurang lebih mirip dengan rasa yang muncul saat jemari Anda diikat karet dengan kencang. Saat itu terhentinya aliran darah, dan saat itulah saat  yang menyakitkan. Seperti yang dijelaskan oleh dr Achmad Mediana SpOG bahwa melahirkan itu pasti dan sangat menyakitkan.

“Rasa sakit pada setiap perempuan akan berbeda derajatnya sepanjang proses melahirkan itu sendiri. Dimana ada ibu yang di pembukaan satu dan dua saja sudah merasa sangat kesakitan. Akan tetapi ada juga yang sampai dengan bukaan delapan hingga bayi keluar sempurna, malah tidak merasakan sakit yang berarti” jelas dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang berpraktik di Kemang Medical Centre itu.

Proses melahirkan sendiri kadang akan diawali dengan adanya kontraksi Braxton Hicks yakni kontraksi palsu. mengapa demikian? Ya, karena munculnya kontraksi tidak teratur dan rasa keram perut akan perlahan sirna. Dan setelah itu, maka kontraksi persalinan datang dengan teratur dengan kemunculan semakin lama semakin cepat. Seperti contohnya, kontraksi awal datang setiap 10 menit sekali lalu kemudian akan berubah semakin cepat menjadi dua menit sekali dan seterusnya. Dan pada umumnya proses ini akan berlangsung kurang lebih selama satu jam.

Setelah proses tadi selanjutnya ibu hamil akan masuk pada tahap pembukaan yang mana terdiri atas dua fase. Pembukaan dimulai dengan fase awal, yaitu dimana pembukaan dari satu sentimeter sampai empat sentimeter. sehingga pada fase ini, kontraksi akan timbul sekitar dua menit sekali. Kemudian akan berlanjut ke pembukaan empat sentimeter dan seterusnya, dimana kontraksi akan semakin hebat dan terasa sekitar tiga sampai empat kali dalam 10 menit. Nah, jika sudah mencapai bukaan ke sepuluh, maka barulah disebut dengan bukaan sempurna. Dan pada fase atau tahap inilah bayi akan keluar.

Saat persalinan, banyak ibu yang memang sudah tidak tahan dengan sakitnya rasa kontraksi. belum lagi dengan bukaan akhir yang membuat banyak  ibu menyerah dan memilih melahirkan secara caesar saja. Kesulitan persalinan sendiri biasanya paling sering berasal dari anemia. Hal ini dikarenakan ibu hamil sering kali mengalami perdarahan ataupun keguguran. Selain itu ada pula kasus preeklampsia. Dimana preeklampsia yang menyebabkan tekanan darah berubah menjadi tinggi dan risikonya yakni bayi tidak bisa diselamatkan.

Untuk persiapan persalinan memang harus dijalani sejak kehamilan, dimana ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang bergizi, rutin senam hamil dan tidak lupa peran suami yang harus mendukung semua kebutuhan baik saat kehamilan maupaun persalinan.

Leave a Reply