free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Si Buah Hati Tak Tumbuh Tinggi

Sejak masih kecil bahkan masih dalam kandungan para orang tua telah memberikan asupan gizi dan nutrisi bagi anaknya. Gizi yang seimbang memang harus diberikan untuk mendukung pertumbuhan anak agar tumbuh dengan sempurna. Tetapi, bagaimana jika kondisi tubuh anak tidak bertumbuh dengan baik? Saat anak Anda tidak tumbuh tinggi seperti anak-anak lain sebayanya. Mungkin Anda akan bertanya-tanya kenapa hal ini bisa terjadi? Berdasarkan artikel yang ditulis oleh dr. Munaidi Sp KFR, seorang spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi di Devisi Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh, sebenarnya ada enam faktor  penyebab pertumbuhan seorang anak menjadi tinggi atau tidak yaitu:

1.    Nutrisi

Saat seorang anak kekurangan nutrisi maka akan memperlambat pertumbuhan ketinggian anak tersebut. Dan nutrisi yang paling penting dan paling dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang anak adalah vitamin D, kalsium dan juga phosporus. Selain nutrisi di atas kekurangan Iodine dan zat besi juga dapat mengganggu pertumbuhan tinggi dan tulang pada anak.

2.    Tidur

Mungkin penyebab anak Anda tidak tumbuh tinggi dikarenakan karena si anak kurang tidur, karena tubuh memproduksi hormon pituitary (hormon pertumbuhan) yaitu pada saat anak tidur. Jadi tentu saja jika anak kurang tidur, dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang dan tinggi anak. Berdasarkan keterangan para ahli, seorang bayi memebutuhkan waktu tidur selama 20 jam, untuk anak 2 s.d 6 bulan membutuhkan 15-18 jam, anak 6 s.d 8 bulan membutuhkan 13-15 jam, anak 18 bulan s.d 3 tahun membutuhkan 12-13 jam, anak 3 s. d 7 tahun membutuhkan waktu 11- 12 jam. Jadi perhatikan waktu tidur si kecil. Sebaiknya anak Anda dapat tidur dengan teratur dan dengan waktu yang cukup.

3.    Olahraga

Dengan berolahraga tidak dapat dipungkiri akan memberikan efek yang baik untuk tubuh, Olahraga juga sangat penting bagi anak untuk merangsang pertumbuhan tulang. Ketika berolahraga dan otot berkontraksi, otot akan menarik ujung otot yang melekat pada tulang sehingga memberi rangsangan pada jaringan tulang menebal, kuat dan besar. Tapi sebaliknya apabila anak jarang berolahraga, maka jaringan tulang akan tipis, lemah dan mengecil. Olahraga yang harus dilakukan agar memaksimalkan pertumbuhan tulang adalah olahraga yang dapat menanggung berat badan seperti berlari dan juga melompat.

4.    Penyakit

Faktor yang mungkin menyebabkan seorang anak tidak tumbuh tinggi, meskipun sudah tercukupi segala kebutuhn nutrisinya adalah karena adanya suatu penyakit.  Banyak penyakit yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang. Sebagai contoh adalah penyakit kronik atau telah lama sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan tinggi anak.

5.    Faktor keturunan

Ternyata faktor keturunan juga dapat mempengaruhi pertumbuhan tinggi anak. Seorang anak yang mempunyai orang tua atau anggota keluaraga yang pendek, cenderung mempunyai anak yang tidak begitu tinggi, dan begitu juga sebaliknya. Apabila kedua orang tuanya memilki tubuh yang tinggi maka anaknya pun cenderung tinggi.

6.    Jenis kelamin

Jenis kelamin seorang anak juga menentukan tinggi badannya, anak laki-laki biasanya lebih tinggi daripada anak perempuan. Dan hal ini menurut penelitian bisa saja disebabkan oleh hormon dan dikarenakan aktifitas pada anak laki-laki lebih tinggi dibandingkan pada anak perempuan.

Jadi jagalah asupan nutrisi atau gizi makanan pada anak, dan susu adalah minuman yang memiliki gizi yang sempurna bagi pertumbuhan tulang dan tubuh. Karena pada susu mengandung semua zat yang dibutuhkan tulang agar bertambah tinggi seperti Protein, Kalsium, Magnesium, berbagai macam vitamin dan berbagai macam mineral ada dalam kandungan susu. Jadi berikan nutrisi yang terbaik bagi anak Anda.

Leave a Reply