free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Si Kecil Sakit Mata? Jangan Panik

waspada sakit mata pada sikecilSeperti kita tahu bahwa si kecil sangat rentan terhadap penyakit mata. Mereka begitu mudah teriritasi, dan penyebabnya biasanya di sebabkan oleh penyakit mata yg menular atau konjungtivitas.

Konjungtivitis merupakan peradangan pada selaput mata, yang tipis dan transparan pada sisi bagian dalam kelopak mata. Penyebab sakit mata ini biasanya disebabkan oleh bakteri dan virus serta alergi (mata alergi yang mengiritasi konjungtiva), dan hal-hal di bawah inilah yang menyebabkan sakitnya mata buah hati Anda :

1.    Adanya kontak langsung dengan orang yang terinfeksi baik melalui sentuhan, batuk dan bersin
2.    Adanya kontak jari atau benda yang terkontaminasi
3.    Pada saat musim panas, konjungtivitis dapat menyebar saat anak-anak sedang berenang di air yang terkontaminasi atau berbagi handuk dengan yang lain yang terkontaminasi
4.    Dan tentunya Anak anda akan tetap dapat menularkan penyakit sepanjang ada cairan yang keluar dari mata

Sakit mata pada anak-anak tidak bisa dipastikan disebabkan olehvirus, bakteri atau alergi, karena pada dasarnya sakit mata sama-sama menyebabkan mata menjadi kemerahan dan adanya pembengkakan pada konjungtiva. Biasanya gejala akan berkembang dalam waktu 24 hingga 72 jam menjadi terinfeksi dan biasanya sembuh antara dua hari sampai tiga minggu. Ciri – ciri / gejala sakit mata pada anak adalah seperti di bawah ini :

1.    Munculnya kemerahan di balik kelopak mata anak dan akan menyebar sampai pada bagian putih mata.
2.    Mata anak Anda menjadi bengkak.
3.    Keluarnya air mata yang berlebihan.
4.    Munculnya cairan pada mata yang mengering atau biasa di sebut belek yang menyebabkan terjadinya pengerasan kulit di sekitar kelopak mata.
5.    Photopobia yakni tidak suka melihat lampu yang terang.

Untuk mengobati sakitmata pada anak adalah dengan cara seperti di bawah ini :

·    Viral Conjunctivitis (Sakit mata disebabkan oleh virus)
Tidak ada pengobatan khusus untuk Viral Conjunctivitis, karena akan membaik dengan sendirinya. Untuk membuat mata lebih nyaman sebaiknya bersihan dengan lembut mata dengan menggunakan bola kapas yang telah dibasahi air hangat, sebaiknya bersihkan dengan satu arah saja.
·    Bacterial Conjunctivitis (Sakit mata disebabkan oleh bakteri)
Untuk sakit mata yang disebabkan oleh bakteri mungkin akan diperlukan salep antibiotik atau obat tetes mata dari dokter. Selain itu perlu di ingat bahwa pengobatan harus diterapkan pada kedua mata, bahkan jika hanya satu mata yang tampaknya terinfeksi.
·    Allergic Conjuctivitis (Sakit mata disebabkan oleh alergi)
Sakit mata anak yang disebabkan oleh alergi dapat dibantu dengan perawatan dalam kondisi seperti antihistamin misalnya demam.
Itulah beberapa penanganan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah jika si kecil terkena penyakit mata, akan tetapi apabila Anda mendapati si kecil dengan gejala berlanjut seperti di bawah ini maka segera hubungi dokter. Gejalnya adalah seperti berikut :

·    Anak terlihat merasakan rasa sakit yang teramat pedih
·    Adanya peningkatan pembengkakan, nyeri, dan kemerahan di kelopak dan sekitar mata
·    Munculnya masalah penglihatan pada mata
·    Badan menjadi tidak sehat serta anak menderita demam dengan panas melebihi 38 derajat C

Nah itulah informasi mengenai sakit mata yang biasa terjadi pada anak-anak, semoga dapat bermanfaat sehingga pada saat si kecil sakit Anda tidak panik dan dapat menanganinya dengan tenang.

Leave a Reply