free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Singkiran Benda Berbahaya Di Sekitar Anak

Jauhkan anak anda dari benda yang berbahaya Bunda, memiliki anak balita atau anak yang masih belum mengenal bahaya memang merupakan suatu kewajiban orang tua, dan selalu menjaga dan mengawasinya setiap waktu pun belum menjadi jaminan akan keselamatan anak balita yang belum mengenal bahaya. Untuk itu agar dapat menghindari hal-hal yang tidak di inginkan sebaiknya singkirkan benda-benda berbahaya yang berada di sekitar lingkungan anak. Benda berbahaya apakah itu? Simak selengkapnya berikut ini :

1.    Obat Pembunuh Serangga
Obat ini merupakan zat anti serangga yang mengandung bahan-bahan berbahaya, termasuk bisa berakibat vatal bagi anak-anak. Walaupun hanya tercicipi sedikit, sebaiknya segera bawa ke rumah sakit atau dokter sesegera mungkin agar mendapatkan pertolongan dengan tepat dan cepat.

2.    Asam boraks
Jangan simpan asam boraks di tempat yang dapat di jangkau oleh anak. Apabila sudah tertelan maka asam boraks akan terserap ke dalam tubuh dengan cepat akan tetapi masih perlu waktu berjam-jam untuk melihat gejala yang mungkin ditimbulkannya. Apabila sudah tertelan, sebaiknya segera berikan air putih atau susu murni, lalu segera bawa ke rumah sakit atau dokter terdekat.

3.    Shampoo dan Conditioner
Kadang kita sebagai orang tua lalai dalam memperhatikan penyimpanan shampoo dan juga conditioner, Namun jika kedua bahan ini tertelan dalam jumlah yang masih relatif sedikit, sebaiknya berikanlah air susu murni dan selalu perhatikan keadaannya. Apabila termakan dalam jumlah banyak, sebaiknya berusahalah membantu untuk memuntahkannya dan hubungi dokter

4.    Pasta Gigi
Walaupun bahan pasta gigi aman apabila tertelan tetapi akan menjadi berbahaya jika termakan dalam jumlah banyak. Apabila hal ini terjadi pada anak Anda sebaiknya segera hubungi dokter

5.    Minuman Beralkohol
Dan inilah yang kadang orang tua lalai, namun apabila sudah terlanjur tertelan, sebaiknya segera beri minum air putih atau susu murni dan selalu perhatikan keadaannya. Apabila dirasa timbul gejala kurang baik, sebaiknya berusahalah untuk memuntahkannya dan segera bawa ke rumah sakit atau dokter.

6.    Koin
Inilah benda yang memang selalu berada di sekitar kita dan juga balita Anda, Jika koin sudah tertelan anak, maka bisa dipastikan dengan melihat kotoran yang keluar ketika sedang buang air besar. Sebaiknya biarkan buang air besar keluar secara alamiah.

7.    Rokok
Rokok atau puntung rokok yang ditemukan si kecil maka akan cenderung di makannya atau dihisapnya. Jika rokok tertelan sedikit oleh si kecil, maka perhatikan keadaannya secara serius dalam jangka panjang. Sebaiknya segera bawa ke dokter apabila terlihat gejala-gejala seperti wajah pucat, tidak bergairah, muntah-muntah dan lain sebagainya

8.    Parfum
Bahan pada parfum dan juga cologne biasanya akan mengandung lebih dari 90% alkohol sehingga apabila balita menelannya walaupun dalam jumlah yang sangat sedikitpun akan sangat berbahaya. Untuk itu sebaiknya simpan parfum dan cologne jauh dari jangkauan anak.

9.    Aseton Pembersih Cat Kuku
Setelah membersihkan cat kuku Anda maka jangan simpan Aseton sembarangan, karena Aseton sendiri merupakan kosmetika berbahaya yang mengandung racun yang sangat tinggi. Bahan Aseton sendiri sulit terserap kulit akan tetapi dapat menyerap ke dalam tubuh dengan cepat jika tertelan.

Nah, itulah beberapa bahan berbahaya yang dapat membahayakan keselamatan si kecil, untuk itu sebaiknya hindarkan dan jauhkan dari jangkauan anak-ana

Leave a Reply