free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Siomay Bayam Nan Sehat

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan sajian siomay, siomay biasanya dibuat menjadi berbagai macam variasi rasa. Seperti rasa ikan, ayam, udang atau pun rasa lain yang lebih variatif. Apabila Anda bosan dengan rasa siomay yang biasa maka sekarang kita akan memvariasikan siomay dengan sayuran yang akan memberikan sensasi rasa tersendiri. Ya kali ini kita akan mencoba untuk membuat resep Siomay Bayam Nan Sehat, tapi sebelum mengetahui cara pembuatannya, sebaiknya kita cari tahu apa manfaat bayam bagi tubuh.

Tentu kita semua tahu bahwa pada Bayam mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro), akan tetapi apabila bayam terlalu lama berinteraksi dengan O2 (Oksigen), maka kandungan Fe2+ pada bayam akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri) yang tentu dapat beracun bagi tubuh. Untuk itu  jangan pernah memanaskan kembali sayur bayam yang sudah melalui proses pemasakkan, sebaiknya segera konsumsi bayam sesaat setelah diolah, selain itu lebih baik juga untuk hindari mengkonsumsi bayam yang sudah lebih dari 5 jam di sajikan karena selain mengandung zat ferri yang tadi disebutkan di atas, bayam tersebut juga dapat mengandung zat nitrat (NO3) yang jika teroksidasi dengan udara dimana akan menjadi NO2 (nitrit) yang bersifat senyawa tidak berwarna, tidak berbau dan bersifat racun.

Selain itu bayam sangat  bermanfaat untuk kesehatan, seperti contohnya adalah dimana kandungan vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid dalam sayuran bayam dapat memerangi sel kanker sampai dengan 34%. Terutama pada jenis kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, kanker kulit dan juga kanker perut. Selain itu bayam juga merupakan sumber folat yang sangat baik untuk mengurangi resiko kardiovaskular. Bayam juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi serta mencegah terjadinya osteoporosis. Karena banyaknya manfaat dari sayuran bayam itulah, maka akan kita variasikan bahan makanan bayam ini dengan siomay. Yuk simak selengkapnya di bawah ini :

Bahan dan bumbu Siomay Bayam :Siomay Bayam Nan Sehat
·    200 gram paha ayam fillet, cincang kasar
·    75 gram daun bayam, seduh, cincang kasar
·    16 lembar kulit siomay
·    50 gram kulit ayam, cincang kasar
·    1 batang daun bawang, iris halus
·    1/4 sendok teh merica bubuk
·    1/4 sendok teh gula pasir
·    100 gram tepung sagu tani
·    75 ml air es
·    4 siung bawang putih, cincang kasar
·    1 sendok teh garam
·    1 sendok teh minyak wijen
·    1 butir telur

Bahan Pelengkap:
·    50 gram saus sambal

Cara Membuat Siomay Bayam :
Langkah pertama adalah dengan mengaduk rata bahan ayam, kulit ayam, bayam, bawang putih, daun bawang, garam, merica bubuk, gula pasir, dan juga minyak wijen. Kemudian tambahkan telur dan air es. Uleni hingga benar-benar tercampur rata. Setelah itu masukkan tepung sagu tani. Dan aduk rata kembali.

Ambil selembar kulit pangsit kemudian diberi isi lalu lipit sisinya. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis. Setelah itu  kukus dengan menggunkan api sedang selama kurang lebih 15 menit. Angkat dan Tiriskan. Sajikan siomay bayam bersama bahan pelengkapnya.
Sajian siomay bayam nan sehat siap dinikmati.

Leave a Reply