free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tahu Pong Hayam Wuruk

Apakah Anda sering mendengar tahu pong? Ya jajanan khas semarang ini biasanya disebut dengan panggilan tahu kosong. Tahu pong merupakan tahu yang dimana pada bagian dalamnya terdapat bagian yang kosong jadi sangat cocok apabila namanya seperti itu. Tahu pong adalah sajian yang menggunakan makanan pelengkap serta bumbu pelengkap lainnya juga, jadi tahu pong ini sangat di rekomendasikan untuk dicoba dan dinikmati. Walaupun tahu pong merupakan makanan khas semarang kini tahu pong bisa dinikmati di ibu kota Jakarta terah sepatnya di sekitar Hayam Wuruk, dimana daerah tersebut merupakan daerah yang menjadi pusat kota jadi lebih gampang untuk dapat dicapai. Lokasi tepatnya berada di seputaran Jl. Hayam Wuruk atau berada di depan halte Trans Jakarta daerah Harmoni yang berada di depan Carrefour Duta Merlin.

Lokasi tahu pong ini sangat strategis karena berada di sekitar emperan toko, memang jika dilihat sekilas hampir mirip dengan makanan kaki lima, dimana banyak orang yang sedang berbelanja di jajaran toko tersebut tidak lupa untuk sejenak berkunjung untuk mencicipi tahu pong. Disana disediakan tiga meja yang berukuran besar, sehingga pengunjung bisa leluasa untuk makan tahu pong di tempat tersebut. Tahu pong khas semarang di daerah hayam wuruk ini mulai di buka saat menjelang sore hari, ketika pertokoan di sekitarnya akan mulai tutup. Disana Anda akan menemukan sebuah spanduk yang mencantumkan tuliskan “Tahu Pong Semarang Ayam Kalasan“. Walaupun tempatnya terlihat sederhana, tetapi banyak para pengunjung yang mengantri untuk menikmati makanan khas semarang ini.

Di tempat ini Anda bisa memilih Dua jenis Tahu Pong yang disediakan yaitu Tahu Pong yang di bagian dalamnya hanya tahu kosong saja atau juga Tahu Emplek yakni tahu yang pada bagian dalamnya sangat padat. Selain tahu pong disediakan juga makanan lain seperti Ayam kalasan, Bandeng Presto, Gimbal Udang, Telur , dan terdapat makanan ringan lainnya yang menjadi ciki khas kota Semarang yaitu Lumpia. Untuk mencicipi paket tahu pong emplek gimbal telur atau bisa tahu pong gimbal telur dipatok dengan harga Rp.13.000,-

Tahu pong ini disuguhkan dengan saus encer yang berwarna coklat yang terbuat dari campuran bawang putih, petis udang, gula merah, dan kecap manis. Jika Anda suka bisa juga menambahkan  acar lobak putih serta sambal yang sudah disediakan di atas meja. Terdapat juga bakwan udang atau gimbal udang yang digoreng dengan kering sehingga tekstur dari gimbal udang tersebut terasa sangat renyah. Sajian tahu pong akan lebih nikmat jika di santap dengan sepiring nasi putih panas yang Anda bisa bayar dengan harga Rp 3.000, wah cukup terjangkau dan sangat memuaskan.

Menu Ayam Kalasan di tempat itu juga wajib untuk dicicipi, bumbu ayamnya benar-benar meresap hingga ke bagian dalam dagingnya, selain itu daging ayamnya pun sangat  empuk. Untuk satu potong menu ayam kalasan dibandrol dengan harga Rp 18.000,-. Harga yang sesuai dengan sajiannya yang super nikmat. Jadi jika Anda sempat jangan lupa untuk mampir ke tempat ini

Leave a Reply