free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Takar Kebutuhan Serat Sendiri Di Rumah

penuhi kebutuhan serat andaBagi sebagian orang, makan adalah dengan memenuhi piring dengan karbohidrat dan proteinnya seperti halnya nasi dan lauk saja. Padahal makanan yang kita santap seharusnya mampu untuk memenuhi standar gizi yang seimbang, dimana dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, dan juga serat setiap harinya.

Seperti kita ketahui bahwa kebutuhan serat sampai saat ini masih sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal fungsi serat sangat berperan penting untuk membantu proses penurunan berat badan, karena asupan serat yang tinggi ini akan membantu membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Akibat kekurangan serat maka pencernaan akan kurang lancar, selain itu juga adanya peningkatan berat badan. Jadi untuk menghindarkan dari berbagai masalah tersebut, sebaiknya pastikan Anda untuk selalu memenuhi kebutuhan serat yang dibutuhkan setiap harinya. Kebutuhan serat setiap hari yakni berkisar antara 25-40 gram per hari, hal tersebut berdasarkan standar kesehatan.

Tentu Anda akan merasa kesulitan untuk menakar serat apabila di hitung pergramnya sendiri di rumah, akan tetapi ada cara gampang untuk menakar serat berdasarkan jumlah gramnya yakni dengan teknik kepalan. Kita bisa menakar serat dengan perhitungan, jika serat sebanyak 25 gram maka setara dengan lima kepalan tangan, makanan berserat seperti buah atau sayuran. Dalam hal ini lima kepal serat ini kemudian dibagi ke dalam lima kali waktu makan. Seperti contohnya saat sarapan, makan siang, juga makan malam. Sedangkan dua kepal serat lagi untuk dua kali waktu ngemil. Karena sebaiknya masing-masing waktu makan dan juga ngemil harus dilengkapi dengan satu kepal serat.

Sedangkan menurut World Health Organization (WHO), Apabila Anda sedang diet, justru harus ngemil. Akan tetapi tetap harus dipastikan bahwa camilan Anda mengandung serat yang tinggi. Dengan mengemil serat maka akan membantu Anda untuk menstabilkan gula darah tanpa harus khawatir kadar lemak di tubuh Anda akan meningkat. Apabila Anda masih ragu untuk makan serat, simak fungsi serat seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini :

1.    Mampu Memperpanjang Usia
Dalam sebuah penelitian membuktikan apabila seseorang rutin memenuhi kebutuhan harian serat yakni 14 gram setiap 1.000 konsumsi kalori maka memiliki kesempatan hidup 9 tahun lebih panjang daripada yang tidak mengkonsumsi serat.

2.    Membantu Menjaga Kesehatan Usus
Jika dilihat secara langsung maka tidak ada hubungan diet serat dengan risiko kanker usus besar. Akan tetapi dengan makan serat sesuai kebutuhan secara tidak langsung akan mampu menjaga kesehatan usus secara keseluruhan.

3.    Mampu Menurunkan Kolesterol
Serat yang larut sangat berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, dimana biasanya kolesterol menjadi pemicu penyakit kardiovaskular.

4.    Mampu Mencegah Diabetes
Dengan diet berserat tinggi maka akan memperlambat penyerapan gula dalam kadar darah. Sehingga apabila seseorang rajin memenuhi kebutuhan serat hariannya akan berisiko kecil terserang diabetes tipe 2.

5.    Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan
Apabila Anda susah buang air besar maka itu tanda Anda kurang makan serat setiap hari. Nah, apabila hal tersebut terjadi, maka sebaiknya tingkatkan konsumsi serat . Selain itu serat juga punya kecenderungan membuat perut menjadi kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi apabila Anda  ingin menurunkan berat badan, perbanyaklah makan serat

6.    Mencegah Serangan Jantung
Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan mengonsumsi makanan berserat maka mampu mencegah penyakit jantung. Dalam penelitian tersebut membuktikan bahwa serat berkhasiat mencegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah.

Nah itulah kebaikna serat, maka jangan ragu untuk menakarnya sendiri di rumah agar kebutuhan serat harian Anda terpenuhi.

Leave a Reply