free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tanda Bahaya Dalam Kehamilan

Menjalani masa kehamilan selama sembilan bulan lebih, seorang wanita yang sedang hamil harus lebih waspada menjaga kesehatan dan perkembangan janinnya. Selain itu juga setiap wanita yang sedang hamil harus tahu apa saja tanda bahaya dari kehamilannya tersebut. Hal ini tentu saja agar kemungkinan terburuk yang terjadi dalam masa kehamilan dapat di minimalisir. Nah, bagi Anda yang sedang hamil atau pun yang sedang merencanakan kehamilan, berikut enam tanda bahaya selama dalam masa kehamilan yang harus Anda ketahui :

1.    Perdarahan pada Vagina
Pada masa awal kehamilan yakni dimana pertama kali haid berhenti maka akan terdapat sedikit bercak darah dari vagina, maka perdarahan ini disebut perdarahan implementasi yang mana merupakan suatu hal yang normal. Akan tetapi perlu diketahui bahwa pada waktu-waktu lain kehamilan, kadangkala terjadi perdarahan ringan yang mungkin bisa merupakan suatu pertanda dari cervix yang rapuh. Apabila hal ini terjadi sebaiknya hubungi dokter untuk lebih merinci pemeriksaan tekanan darah, suhu, denyut, serta tonus jantung bayi.Dan perdarahan yang tidak pernah boleh dianggap normal adalah perdarahan yang merah, berat dan menyakitkan.

2.    Sakit Kepala yang Hebat
Sakit kepala selama dalam menjalani kehamilan tentu saja normal dan wajar, akan tetapi apabila sakit kepala berlangsung terus menerus dan tidak bisa hilang serta terasa sangat berat sehingga kadang dapat menyebabkan  penglihatan atau pemandangan mata kabur maka ini merupakan salah satu gejala dari preeklampsia. Untuk itu sebaiknya pergi ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti sakit kepala tersebut.

3.    Terjadi Masalah dengan Penglihatan
Karena selama masa kehamilan terjadi pengaruh-pengaruh hormonal, maka akuitas visual atau ketajaman penglihatan seorang ibu hamil bisa berubah. Dan tentu hal ini termasuk wajar dan normal. Tetapi masalah yang membahayakan yakni jika terjadi perubahan tiba-tiba dalam penglihatan, seperti kekaburan penglihatan atau melihat adanya bintik-bintik dihadapan mata. Dan biasanya perubahan-perubahan penglihatan tersebut akan dibarengi dengan sakit kepala berat. Untuk itu sebaiknya  lakukan pemeriksaan tekanan darah, protein urine, refleks dan edema.

4.    Terjadi Pembengkakan di Bagian Wajah atau Tangan
Hampir setengah dari jumlah seluruh wanita hamil pasti mengalami sedikit pembengkakan pada kaki dan telapak kaki yang biasanya akan muncul pada sore hari dan biasanya akan hilang sendirinya setelah istirahat atau dengan meninggikan kaki sedikit. Dan hal ini merupakan suatu hal yang wajar dan normal terjadi pada ibu hamil. Akan tetapi pembengkakan akan menjadi berbahaya apabila terjadi di daerah wajah dan tangan, dan tetap tidak mau hilang walaupun setelah beristirahat. Gejala seperti ini bisa merupakan pertanda adanya penyakit anemia, kegagalan kardiak atau pre eklampsia.

5.    Sakit Abdominal yang Berat
Rasa sakit abdominal dimana tidak ada hubungannya dengan persalinan yang normal biasanya merupakan sesuatu yang tidak normal. Rasa sakit abdominal sendiri mungkin bisa mengindikasikan adanya bahaya atau masalah yang mengancam jiwa. Apabila hal ini terus berlanjut maka dikhawatirkan adanya apendicitis (radang usus buntu), penyakit radang panggul, adanya kehamilan ektopik, abortus, gastritis, penyakit kantung empedu, abrupsi plasenta (plasenta lepas sebelum waktunya), infeksi saluran kemih atau infeksi-infeksi lainnya.Untuk itu sebaiknya lakukan pemeriksaan luar dan dalam dengan dokter kandungan Anda.

6.    Pergerakan Bayi Berkurang Tidak
Sebenarnya pada saat bayi tertidur dalam kandungan maka pergerakannya akan sedikit melambat, dan biasanya bayi akan bergerak sedikitya 3 kali dalam 3 jam. Pergerakan bayi tersebut akan lebih mudah dirasakan oleh ibu ketika berbaring atau beristirahat dan pada waktu ibu cukup makan dan cukup minum. Apabila ibu merasakan bayi yang biasanya bergerak aktif dan kali ini tidak mendapati bayinya bergerak-gerak, maka gejala seperti ini patut diwaspadai. Untuk itu hubungi dokter untuk dilakukan perabaan dan mengetahui juga merasakan pergerakan janin dan dengarkan denyut jantung janin

Leave a Reply