free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tanda-Tanda Anda Akan Melahirkan

Bagi Anda yang sedang menantikan kehadiran si buah hati tentunya sangat harap-harap cemas dan tidak sabar untuk segera melihat wajah mungil nan lucu si buah hati. Seorang wanita yang tengah dalam masa kehamilan minggu ke 39 dan 41, usia ini biasanya merupakan masa yang tepat untuk mengalami persalinan. Tapi tentu apabila akan melakukan persalinan normal tidak ada yang tahu pasti kapan waktu persalinan itu sendiri.

Tapi pada bulan-bulan kelahiran ini tubuh Anda akan memproduksi progesteron yang bertujuan untuk melunakkan jaringan di sekitar cervix yakni daerah sekitar leher rahim yang menghubungkan uterus dan vagina dan pelvis panggul, untuk persiapan proses melahirkan. Dan melahirkan sendiri di mulai dengan adanya kontraksi rahim mulai meregangkan jaringan di sekirar cervix.

Nah, bagi Anda yang akan memasuki masa persalinan sebaiknya mengetahui gejala awal proses persalinan agar tidak kaget dan panik pada saat waktunya tiba. Nah, untuk mengetahui tanda-tanda atau gejala-gejala tersebut simak selengkapnya berikut ini :

1.    Mulai Terasa Nyeri di Selangkangan
Rasa nyeri di bagian selangkangan sendiri terjadi karena adanya tekanan sebagai akibat dari posisi kepala janin sudah turun ke bawah, yakni ke daerah rangka tulang pelvis. Disebabkan janin yang telah menekan kandung kemih, maka si ibu akan menjadi sering buang air kecil. Selain nyeri pada selangkangan Anda juga merasakan sakit pada bagian perut, mulas-mulas, sering ingin buang air besar serta buang angin.

2.    Muncul Sakit pada Panggul dan Tulang Belakang.
Gejala selanjutnya adalah dimana Anda akan merasakan sakit yang berlebih pada bagian panggul dan bagian tulang belakang. Rasa sakit ini dikarenakan adanya pergeseran dan pergerakan janin yang mulai menekan tulang belakang Anda.

3.    Keluarnya Lendir Kental Bercampur Darah
Selama masa kehamilan, bayi Anda tersumbat dalam rahim oleh mucus yakni gumpalan lendir yang lengket pada leher rahim. Sedangkan pada saat persalinan yakni dengan dimulainya cervix yang mulai membuka, sehingga gumpalan mucus tadi terhalau. Jadi pada waktu yang bersamaan, membran yang mengelilingi bayi anda dan cairan amniotik agak memisah dari dinding rahim. Sehingga penampakan dari darah dan mucus yang keluar yakni seperti cairan lengket berwarna merah muda yang keluar. Dan ini merupakan tanda anda segera akan menjalani proses persalinan.

4.    Adanya Kontraksi
Kontraksi sendiri tidak langsung pada tahap kontraksi yang kuat dan terus-menerus tetapi di awali dengan kontraksi yang tersasa seperti sakit pada punggung bawah kemudian  berangsur-angsur bergeser ke bagian bawah perut. Terkadang kontraksi ini dapat digambarkan seperti saat Anda merasakan mulas ketika sedang haid. Saat terasa mulas maka bagian perut tersebut akan mengeras. Kontraksi sendiri berlangsung perlahan dan muncul setiap 15 sampai dengan 20 menit sekali, kemudian semakin menguat dan semakin sering sehingga menjadi setiap tiga hingga lima menit sekali. Dan inilah yang membuat anda merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya sebaiknya ambillah nafas pendek-pendek namun cepat, ini bisa dibilang sebagai saat terberat saat melahirkan.

5.    Pecahnya Air Ketuban
Dengan desakan kontraksi dan tekanan kepala bayi anda pada mulut cervix maka akan menyebabkan pecahnya air ketuban. Fungsinya yakni menampung dua liter air amniotik steril, yang pada saat keluar sekaligus juga membantu membersihkan jalur persalinan. Maka seiring dengan pecahnya membran, proses melahirkan akan berlangsung cepat. Dimana kepala bayi akan berusaha keras menekan cervix, untuk membukanya dan merangsang pelepasalan prostaglanding untuk memacu kontraksi anda.

Dengan mengetahui tanda-tanda akan melahirkan atau persalinan ini, diharapkan Anda lebih siap dan tidak panik untuk menghadapi setiap prosesnya. Semoga si buah hati Anda lahir dengan sehat tanpa kurang suatu apapun.

Leave a Reply