free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tanda-Tanda Si Kecil Akan Tumbuh Gigi

Tanda tanda gigi akan tumbuh pada bayiMenjadi orang tua baru memang perlu banyak belajar, tentu saja untuk kebaikan sang buah hati. Berbagai perkemabngan si kecil selalu menajadi perhatian sekecil apapun itu, dan tidak terkecuali saat tumbuhnya gigi pertama. Bunda, biasanya bayi akan tumbuh gigi pertamanya pada usia sekitar 6 sampai dengan 12  bulan, pada saat tumbuh gigi itulah si kecil akan merasa kurang nyaman. Hal ini dikarenakan pertumbuhan akar gigi yang tumbuh dan menembus bagian gusinya pada ujung gigi yang terdorong melewati gusi, maka akan menyebabkan bayi merasa tidak nyaman. Pertama, gigi bayi akan mulai tumbuh maka ditandai dengan tumbuhnya mahkota gigi berwarna putih yang memiliki lapisan luar sebagai emailnya, lalu diikuti dengan dentin yang memiliki rasa sensitif jika gigi merasakan manis, asam, panas, dingin bahkan angin sekalipun, setelah itu lalu muncullah pulpa yang merupakan tempat saraf dan pembuluh darah. Dan yang terakhir yakni akar gigi.
Pertumbuhan gigi pada setiap bayi berbeda-beda, pertumbuhan gigi balita umumnya baru akan lengkap pada usia 3 sampai dengan 3,5 tahun. Usia itulah yang dikenal dengan gigi susu. Gigi susu sendiri akan berganti satu persatu yang kemudian akan tergantikan dengan gigi tetap yang memiliki jumlah 20 buah, yakni sepuluh bagian di atas dan sepuluh lagi di bagian  bawah. Lalu apa saja tanda-tanda bayi Anda akan tumbuh gigi? Simak selengkapnya di bawah ini :

1.    Bayi Akan Mudah Rewel
Dengan pertumbuhan gigi si bayi maka bayi akan merasakan gatal pada gusi, sehingga sebagai akibatnya akan membuatnya si kecil  tidak nyaman, rewel dan lebih sering menangis di malam hari, dan pada malam hari itulah si kecil biasanya merasakan rasa gatal pada gigi yang akan tumbuh.

2.    Bayi Kehilangan Nafsu Makan
Saat gigi akan mulai tumbuh, bayi tidak hanya rewel, tetapi juga akan kehilangan nafsu makan. Hal ini dikarenakan si kecil malas mengunyah karena gigi terasa sakit dan gatal. Kadangkala walaupun orangtuanya memaksa untuk makan, si kecil akan tetap berkeras menolaknya.

3.    Lebih Sering Mengigit
Bunda, ini merupakan tanda yang paling dapat dirasakan ketika giginya akan mulai tumbuh, baik pada bayi maupun balita. Tandanya yakni, mereka akan sering menggigit sesuatu benda yang sedang dipegangnya, hal ini dikarenakan rasa gatalnya yang mengganggu. Tapi hal ini bisa bunda siasati dengan memberikannya biskuit bayi yang cepat lunak atau bisa juga dengan memberinya mainan khusus bayi yang memang dapat digigit, tapi ingat tetap harus aman dan bebas dari zat beracun berbahaya.

4.    Gusi Warnanya Tampak Kemerahan
Karena usianya yang masih kecil, maka gusi bayi akan terlihat kemerahan jika akan tumbuh gigi. Selain itu gusinya juga akan sedikit membengkak.

5.    Pipinya Tampak Kemerahan
Selain gusinya yang kemerahan, pipi si kecil juga akan tampak kemerahan. Selain itu si kecil akan minum ASI lebih sedikit dari biasanya atau bahkan mungkin menolak sama sekali karena rasa yang kurang nyaman pada daerah tumbuhnya gigi.

6.    Muncul Demam
Demam yang dikarenakan gigi yang akan tumbuh tidak akan sampai mengalami demam yang tinggi. Tetapi bunda perlu ingat, bahwa apabila demamnya sudah cukup tinggi, maka segeralah periksa ked okter untuk mengetahui apakah demam tersebut disebabkan penyakit lain atau karena tumbuh gigi.

7.    Berliur dan Tidur Tidak Nyenyak
Si kecil biasanya akan lebih sering berliur dan pada siang atau malam hari tidurnya kurang nyenyak .

Nah, itulah tanda atau gejala jika si kecil akan tumbuh gigi. Dengan informasi ini semoga bunda tidak panik menghadapi si kecil yang akan tumbuh gigi.

1 Comment
  1. Ya ini benar bahwa selama tumbuh gigi .. bayi terkena demam cepat karena weekness timbul akibat gigi. Menggunakan susu dan makanan sehat untuk bayi membantu themto menutupinya efektif.
    Anda juga dapat mengunjungi website saya di: Gigi Tumbuh PADA Bayi

Leave a Reply