free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Test CPNS 2013, 300 Kursi Diperuntukan Untuk Para Penyandang Cacat

Tes CPNS melalui jalur regular pada tahun 2013 ini tentu akan digelar serentak pada bulan Agustus 2013. Moratorium penerimaan CPNS jalur regular telah dicabut akan tetapi jumlahnya terbatas. Dengan jumlah PNS yang memasuki masa pensiun pada tahun 2013 saja mencapai sekitar 110.000 orang, sedangkan yang akan diterima oleh pihak pemerintah sekitar 60.000 orang. Meurut rencana pada bulan Agustus yang akan datang, memang sebanyak 60 ribu orang Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) akan di tes oleh pihak pemerintah.

Dari kabar yang beredar dari sekitar 60 ribu kursi CPNS yang disediakan, maka pemerintah mengalokasikan 300 kursi untuk para penyandang cacat atau difabel. Selain untuk penyandang cacat pemerintah juga menyiapkan 100 kursi diperuntukan bagi para pemuda asal papua.
Dengan kursi tersebut menurut Eko Prasojo dimana merupakan seorang wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), dengan kebijakan tersebut dibuat berkaitan dengan prinsip keadilan.

Selain kursi yang diperuntukan untuk kaum difabel dan pemuda papua, pemerintah juga akan menyiapkan kursi CPNS khusus untuk atlit nasional. Menurut wakil Mentri PAN-RB Eko Prasojo juga memberikan informasi kebijakan dimana mengalokasikan kursi CPNS bagi kaum difabel, atlet nasional dan para pemuda Papua tersebut sejalan dengan bunyi pasal 27 Undang-Undang Negara Republik Indonesia tahun 1945, khususnya ayat (2). Dimana berbunyi tiap-tiap war­ga negara berhak atas peker­jaan dan penghidupan yang layak bagi kema­nusia­an.

Para penyandang ca­cat tersebut tentu banyak memi­liki kemampuan dengan keahlian tertentu, seka­lipun memiliki keku­rang­an. Dengan ini mereka masih bisa bekerja sebagai seorang PNS. Semen­tara para pemu­da Papua yang telah disiap­kan kuota 100 orang untuk ditempatkan seba­gai PNS di kemenetrian atau lem­baga yang mana  diharapkan bisa menjadi perekat NKRI. Sedangkan untuk atlet berprestasi, disiapkan forma­si untuk menjadi pelatih de­ngan asumsi setiap 4 tahun (sekali penyelenggaraan PON) sekitar 1.000 orang.

Dalam rekrutmen CPNS tahun 2013, pemerintah juga akan menetapkan sejumlah jabatan yang menjadi prioritass. Sebab, pegawai pada kelompok  jabatan yang  dimaksud berdasarkan hasil perhitungan beban kerja dinilai kurang.

Sedangkan untuk instansi pemerintah pusat jabatan yang diprioritaskan adalah seperti Guru, Dosen, Penegak Hukum, serta jabatan utama fungsi intansi. Sedangkan jabatan yang diprioritaskan untuk instansi daerah adalah Guru, Tenaga Medis, dan Paramedis. Jabatan yang mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran, serta jabatan yang berperan dalam pengendalian jumlah penduduk.

5 Comments
  1. apa sih persyaratan untuk mendaftar masuk CPNS untuk penyandang cacat

    • syaratnya dan kriteria cacat nya apa? daerah atau pusat kah yang terima? kalau di daerah tidak menerima apa sanksinya?

  2. ass bpk ibu satria penyandang cacat apa kah bisa ikut menjadi cpns

    • @Bapk Satria: Tentu bisa pak, pemerintah mengalokasikan 300 kursi untuk para penyandang cacat

  3. @pak/bu Hawavaganza : apa betul penyandang cacat bisa ? kok persyaratan nya berbadan sehat jasmani ? itu yang masih saya ragukan.. terima kasih

Leave a Reply