free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tetap Bugar Dengan Olahraga Saat Berpuasa

Olahraga merupakan salah satu pola atau cara hidup sehat. Dengan rajin berolahraga tentu saja kesehatan jasmani akan terjaga, selain itu dengan rajin berolahraga akan membuat badan terasa segar dan bugar. Lalu bagaimana apabila memasuki bulan ramadhan seperti saat ini? Apakah masih bisa berolahraga seperti hari-hari biasanya? Ya, tentu saja berpuasa bukan lah hambatan atau halangan untuk tetap beraktifitas sehari-hari seperti biasanya. Begitu juga dengan aktifitas berolahraga.

Dikarenakan berpuasa kurang lebih selama 14 jam dan tidak ada cairan yang masuk berupa makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh, maka berolahraga pun harus disesuaikan dengan kondisi tersebut. Lalu bagaimana tips tetap bugar dengan tetap berolahraga selama puasa? Ikuti tips lengkapnya di bawah ini :

1.    Pilih Waktu yang Tepat
Dengan melakukan berbagai dan beberapa gerakan berolahraga tentu pasti akan menguras tenaga dan juga mengurangi cairan di dalam tubuh. Jika Anda berpuasa, untuk mensiasati hal ini sebaiknya Anda melakukan olahraga beberapa jam sebelum berbuka, hal ini bertujuan agar Anda tidak mengalami dehidrasi yang cukup lama. Setelah Anda berbuka Anda juga bisa melanjutkan lagi berolahraga. Dengan waktu yang tepat Anda pun tidak akan kelelahan dikarenakan waktu berolahraga yang salah.

2.    Perhatikan Kondisi Tubuh
Walaupun Anda telah melakukan olahraga secara rutin selama berpuasa, akan tetapi tetap harus diperhatikan juga kondisi tubuh Anda. Sebaiknya lakukanlah olahraga selama bulan Ramadhan secara teratur, yakni 2 sampai dengan 3 kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan agar tubuh Anda tetap mendapatkan istirahat yang cukup selama bulan puasa. Dan stamina Anda pun tetap terjaga.

3.    Pilihlah Olahraga Ringan
Selama seharian menjalani puasa tentu asupan energi akan berkurang, sehingga akan terjadi penurunan metabolisme tubuh secara alami. Maka sebaiknya jika Anda tetap ingin berolahraga maka pilihlah olahraga ringan yang mana mampu Anda lakukan dengan baik. Seperti misalnya yoga, joging, bersepeda, atau melakukan peregangan tubuh saja. Olahraga-olahraga tersebut sangat dianjurkan dilakukan selama Anda berpuasa. Dan hindari olahraga yang ekstrim dimana akan sangat menguras tenaga sehingga Anda tidak mampu melanjutkan puasa sampai dengan selesai

4.    Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh
Untuk dapat tetap melakukan olahraga saat berpuasa tentu membutuhkan nutrisi yang cukup agar tubuh tidak mudah lelah. Untuk itu selalu pastikan nutrisi Anda terpenuhi saat sahur dan berbuka, caranya dengan mengkonsumsi karbohidrat yang berguna untuk memulihkan energi. Selain itu perbanyak juga konsumsi buah dan sayur dan hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Konsumsi juga air kurang lebih 8 gelas sehari agar tubuh terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

Ladies, jadi mulai sekarang tidak ada alasan untuk tidak berolahraga saat berpuasa bukan? Dengan tips-tips di atas tubuh yang sedang melakukan puasa pun tidak akan terasa lemah lesu dan lunglai. Dengan berolahraga tubuh pun akan bugar dan semangat walaupun Anda sedang berpuasa. Nah, ladies semoga informasi ini menjadi informasi yang bermanfaat dan tetap bersemangat menjalani puasa

Leave a Reply