free webpage counters
Subscribe
sahabat saya, sahabat anda, sahabat kita semua

Tetap Segar Saat Hamil

Tetap Segar Saat Hamil

Ilustrasi: Tetap Segar dan tampil Menawan Saat Hamil

Kehamilan adalah hal yang membahagiakan dalam mengarungi kehidupan berumahtangga. Dengan kehamilan akan lahirlah buah cinta dari sepasang sejoli yang saling mencintai. Tapi bukan berarti dengan Anda hamil maka memilki alasan berdiam diri saja, berleha leha atau berhenti bekerja. Kehamilan bisa menjadi dilema tersendiri bagi ibu yang juga seorang wanita karier. Haruskah berhenti bekerja atau tetap melanjutkan ? Yang perlu diingat adalah kehamilan bukan sesuatu hal yang membuat anda berhenti untuk berkarya, anda tetap bisa bekerja seperti biasa, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti dibawah ini :

Jaga Asupan Makanan Sehat

Dengan membiarkan perut kosong terlalu lama akan membuat rasa mual semakin terasa selain itu juga dapat membuat bayi di rahim Anda kelaparan. Biasakan untuk membawa camilan sehat selama Anda bekerja. Wanita hamil memang disarankan untuk lebih sering “ngemil”  tapi bukan berarti boleh menyantap segala jenis makanan sembarangan. Selalu perhatikan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam setiap makanan yang di santap. Sebaiknya membawa bekal makan siang dari rumah, yang pasti terjamin kehigienisan dan juga kebersihannya.

Tidak Merokok

Sudah bukan rahasia lagi jika merorokok dapat mengganggu kesehatan janin, selain itu  mengandung zat adiktif yang stimulan sehingga berbahaya bagi pertumbuhan bayi, khususnya pada trimester pertama. Kandungan Nikotinnya juga membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain dilarang untuk merokok, Ibu hamil  juga disarankan untuk menjauhi area yang banyak tercemar asap rokok, hal ini dikarenakan apabila kekurangan oksigen, pertumbuhannya  janin terganggu, selain itu dapat menyebabkan hal lain yakni kelahiran prematur, keguguran, dan cacat lahir.

Hindari Anak Tangga

Saat berada di tempat kerja aktifitas naik turun tangga berulang kali tidak bisa dihindari, dan tentu akan membuat wanita hamil merasa cepat lelah. Selain itu dampak yang dihasilkan karena terlalu sering turun naik tangga akan menimbulkan tekanan pada plasenta. Jika memang terpaksa harus menaiki anak tangga di tempat bekerja, pastikan Anda selalu berpegangan dan melangkahlah dengan perlahan-lahan. Usahakan meminimalkan tekanan yang tejadi dalam setiap pijakan kaki. Hindari juga membawa barang atau beban yang berat dan pilih sepatu tanpa hak agar menghindari risiko terjatuh atau terpeleset. Selain itu sepatu yang tanpa nyaman untuk pinggang dan otot kaki Ibu hamil.

Buat Diri Senyaman Mungkin

ketika terlalu lama duduk akan terasa pegal pada punggung hal ini bisa disiasati dengan meletakkan bantal kecil sebagai sandaran di kursi kerja Anda. Selalu perhatikan waktu istirahat karena biasanya wanita hamil akan cenderung lebih mudah lelah. Di sela sela waktu bekerja berjalan-jalanlah sebentar dan hirup udara segar serta perbanyak minum air putih. Jangan lupa selalu gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat untuk menghindari gatal-gatal, dan juga tidak terlalu ketat agar pakaian terasa nyaman dipakai. Dan yang terpenting hindari Stress saat bekerja, buat didi anda serelax dan senyaman mungkin.

Beberapa tips di atas dapat sangat berguna jika anda memutuskan untuk tetap berkarir walaupun anda dalam keadaan hamil. Semoga bermanfaat dalam melalukan aktifitas sehari hari maupun dalam lingkungan bekerja.

Leave a Reply